Perluasan Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan Tandatangani Addendum Kerjasama dengan RSUD Ciawi

Ciawi, (BERITASATOE.COM) – Komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan terhadap peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus dilakukan. Penandatanganan addendum Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan RSUD Ciawi terkait penambahan Klinik Nyeri dilakukan sebagai bentuk perluasan pelayanan kesehatan.

Klinik Nyeri merupakan hasil inovasi dari RSUD Ciawi berupa Instalasi Manajemen Nyeri (IMANI). Kegiatan penandatanganan addendum PKS antara Direktur Utama RSUD Ciawi M. Tsani Musyafa dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ondrio Nas terselenggara di RSUD Ciawi, Senin (27/09/2021).

 

Pada kegiatan tersebut dihadiri juga Deputi Direksi Wilayah Jabodetabek Bona Evita. Pelaksanaan penandatanganan addendum PKS ini merupakan hal yang penting dalam upaya peningkatan layanan Program JKN-KIS.

“Koordinasi serta mutu layanan terhadap pasien JKN-KIS harus terus ditingkatkan. Penandatangan addendum PKS Klinik Nyeri merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah terjalin baik dengan RSUD Ciawi. Dengan terjalinnya kerja sama Klinik Nyeri dengan BPJS Kesehatan harapannya dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien Program JKN-KIS yang mempunyai gangguan nyeri kronis,” Ujar Bona.

Instalasi Manajemen Nyeri (IMANI) atau dikenal dengan Bogor Pain Center RSUD Ciawi merupakan inovasi dari RSUD Ciawi, dan diakui oleh Direktur Utama RSUD Ciawi dr Tsani sebagai layanan dalam bentuk instalasi rumah sakit pertama di Indonesia yang memberikan layanan multidisiplin dalam penangan nyeri.

Selain instalasi rumah sakit dilengkapi dengan alat medis yang lengkap, Bogor Pain Center RSUD Ciawi juga dilengkapi fasilitas seperti ruang tunggu, ruang konsultasi, ruang persiapan tindakan, ruang tindakan, hingga ruang pemulihan demi menunjang pasien.

“RSUD Ciawi telah membuka layanan Klinik Nyeri sejak tahun 2020 dan kini telah menjadi Instalasi Manajemen Nyeri pertama di Indonesia. Keluhan nyeri yang didapati pasien dapat menghambat aktivitas sehari-hari, bukan hanya mengobati sakitnya tapi menganalisa dari keluhan utama lalu penyebab nyeri sehingga dapat ditentukan solusi atau treatment yang tepat. Di Bogor Pain Center RSUD Ciawi menyediakan pelayanan yang komprehensif tentang nyeri, sehingga kesembuhan dari rasa nyeri bukan hanya sementara,” Ujar Tsani.

Klinik Nyeri bermitra dengan BPJS Kesehatan merupakan langkah yang baik untuk Program JKN-KIS. Pelayanan nyeri menjadi pelayanan yang penting, karena sebagaian besar pasien berkunjung dengan keluhan utama nyeri tapi tidak tahu penyebab nyeri tersebut. Dengan terjalinnya kerja sama pada hari ini maka pasien Program JKN-KIS juga dapat mendapatkan layanan kesehatan khususnya nyeri tanpa memikirkan biaya yang ditimbulkan.

“RSUD Ciawi sebagai rumah sakit Pemerintah tipe B ini terdapat Instalasi Manajemen Nyeri yang didukung dengan alat medis terlengkap dan dokter spesialis. Dengan terjalinnya kerja sama dengan BPJS Kesehatan diharapkan Klinik Nyeri dapat melayani dan mengatasi keluhan nyeri pasien Program JKN-KIS dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan kesehatan Program JKN-KIS,” Tutup Ondrio. (San).

Respon (215)

  1. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *