Pemerintah Anggarkan Rp 30 Triliun Untuk Pembangunan IKN di Tahun 2023

JAKARTA, (TB) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah mengalokasikan anggaran belanja APBN tahun 2023 sebesar Rp27 triliun hingga Rp30 triliun untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) baru.

“Di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan untuk ibu kota negara baru yaitu antara Rp27 triliun hingga Rp30 triliun,” ujar Menkeu dalam keterangan pers setelah Sidang Kabinet, Kamis (14/04).

Menkeu menjelaskan anggaran tersebut untuk membangun infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan, serta berbagai simpul konektivitas yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di bidang pendidikan, kesehatan, ketahanan, dan keamanan.

“Tahun depan, kita akan terus mengendalikan agar biaya belanja operasional pemerintah tetap terjaga secara efisien dan terkendali sehingga anggaran betul-betul akan dialokasikan lebih kepada belanja-belanja produktif,” kata Menkeu.

Selain pembangunan IKN, belanja prioritas APBN 2023 juga digunakan untuk infrastruktur berbagai program-program penting, seperti perumahan, air minum, pengolahan air limbah, pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang, jaringan irigasi. Selain itu ada juga infrastruktur konektivitas, seperti jalan, jembatan, kereta api, dan bandara, serta infrastruktur di bidang teknologi informasi, seperti satelit dan BTS.

“Untuk itu, belanja infrastruktur tahun depan akan berkisar antara Rp367 triliun hingga Rp402 triliun,” ujar Menkeu.

Momentum untuk menjaga pemulihan ekonomi tahun depan akan terus dijaga dengan dukungan anggaran pemerintah. Namun pada saat yang sama, kata Menkeu, APBN juga mulai disehatkan dengan defisit yang dikendalikan di bawah 3 persen. (Red)

Respon (217)

  1. This article is incredible! The way it clarifies things is genuinely engaging and exceptionally effortless to follow. It’s obvious that a lot of work and study went into this, which is really commendable. The author has managed to make the subject not only interesting but also delightful to read. I’m enthusiastically anticipating exploring more information like this in the upcoming. Thanks for sharing, you’re doing an outstanding job!

  2. 🌌 Wow, blog ini seperti roket meluncur ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 🎢 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 🎢 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang menarik! #KemungkinanTanpaBatas Terjun ke dalam perjalanan kosmik ini dari imajinasi dan biarkan pemikiran Anda melayang! 🚀 Jangan hanya membaca, alami kegembiraan ini! 🌈 Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui ranah keajaiban yang tak berujung! 🚀

  3. Benar-benar luar biasa! Kehebatan konten ini sungguh luar biasa. Cara penyampaian informasinya sangat luar biasa. Dedikasi dan pengetahuan dalam karya ini benar-benar terpancar. Topi terbang untuk penulis yang menawarkan pengalaman yang begitu berharga. Saya dengan antusiasmen menunggu untuk melihat lebih banyak konten serupa di masa depan. 👏👏👏

  4. Brilliant work! 💪 The article is well-organized, and I’m wondering if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could add a visually appealing touch. 🌠

  5. I enjoyed your article! The content is well-presented, and I’m wondering if you plan to add more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating for readers.

  6. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *