Pacu Konektivitas di Wilayah Sumbagsel, Kemenhub Siapkan Pendanaan Non APBN

JAKARTA, (BS) – Kementerian Perhubungan mendukung upaya akselerasi konektivitas di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang terdiri dari lima provinsi yakni: Sumsel, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung, dengan membangun infrastruktur transportasi melalui skema pendanaan kreatif (creative financing) baik melalui kerja sama dengan BUMN maupun swasta.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar bertema “Meneguhkan Komitmen “DULUR KITO” dalam mengakselerasi Konektivitas Darat-Laut Antar 5 Provinsi Se-Sumbagsel untuk Nusantara- Indonesia”, yang diselenggarakan Masyarakat Profesional (Maspro) Sumbagsel, Sabtu (16/4).

Menhub mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah dilakukan melalui skema pendanaan kreatif di Sumbagsel diantaranya yakni: Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel, Pelabuhan Panjang di Lampung, dan Pelabuhan Ujung Jabung di Jambi.

“Saya dan Pak Erick (Menteri BUMN) kompak untuk membangunnya tidak pakai APBN. Begitupun dengan Bu Menkeu, bahwa kita menggalakkan swasta untuk aktif membangun infrastruktur yang potensial ini. Kalau ada swasta yang sudah masuk, baru saya sampaikan ke Menteri PUPR untuk membangun akses jalannya,” ujar Menhub.

Selanjutnya, Menhub mengungkapkan, untuk meningkatkan konektivitas dari dan menuju Provinsi Bengkulu akan dioptimalkan melalui pembangunan tol laut yang biayanya akan lebih rendah dibandingkan membangun infrastruktur kereta api. “Secara konsep kereta api akan menghubungkan antara Jambi ke Bengkulu. Namun kita harus realistis karena untuk membangunnya harus melalui Bukit Barisan. Oleh karenanya solusinya adalah dengan membuat tol laut,” ujar Menhub.

Kemudian, Menhub menjelaskan, akan mengintensifkan Pelabuhan Mesuji untuk meningkatkan konektivitas logistik kearah Bangka Belitung. “Sementara jembatan belum jadi, konektivitas di Bangka Belitung dan Sumsel juga akan diintensifkan menggunakan kapal penyeberangan roro,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan apresiasinya kepada Maspro Sumbagsel yang telah menginisasi kegiatan ini dalam upaya mempercepat pembangunan wilayah Sumbagsel. Diharapkan, dengan adanya transportasi yang saling terintegrasi, dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di kawasan aglomerasi. (**)

Respon (229)

  1. 💫 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis melayang ke galaksi dari kegembiraan! 💫 Konten yang mengagumkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 💫 Baik itu inspirasi, blog ini adalah harta karun wawasan yang inspiratif! #KemungkinanTanpaBatas Terjun ke dalam perjalanan kosmik ini dari pengetahuan dan biarkan pemikiran Anda terbang! ✨ Jangan hanya mengeksplorasi, alami kegembiraan ini! #BahanBakarPikiran Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui alam keajaiban yang menakjubkan! 🌍

  2. Terrific article! 👌 The insights are well-articulated, and I’m curious if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could enhance the overall reader experience. 🎨

  3. Impressive work! The article is insightful and well-detailed. Have you thought about including more images in your upcoming pieces? It could enhance the overall reader experience.

  4. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *