60 Peserta dari 6 Kwarran di Kota Bogor Ikuti Seleksi Jamnas

KOTA BOGOR, (BS) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar latihan gabungan pramuka penggalang di lapangan SDN Papandayan, Kota Bogor, 16-17 April 2022. Latihan gabungan ini diikuti 60 orang peserta yang berasal dari 6 Kwartir Ranting (Kwarran) yang ada di Kota Bogor.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka proses seleksi mempersiapkan para peserta untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta, 14 -21 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Komisi Humas dan Media Informasi Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Rahmat Hidayat secara resmi membuka kegiatan. Dia berharap para peserta dari tingkat penggalang ini bisa mengikuti seleksi dengan semangat selama dua hari.”Nanti setelah terpilih 16 orang, 8 putra dan 8 putri, tidak boleh sombong dan yang tidak terpilih tidak boleh berkecil hati. Kepada yang terpilih agar lebih bersemangat lagi membawa nama Kota Bogor di Jamnas XI,” kata Rahmat yang juga Kepala Diskominfo Kota Bogor.

Sementara itu, Ketua Komisi Bina Muda, Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Dani Rahadian menyatakan, kegiatan latihan gabungan ini diselaraskan dengan persiapan Jamnas XI.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini kata dia, selain ajang silaturahmi dan evaluasi hasil latihan di Gugus Depan (Gudep), juga untuk menjaring peserta Jamnas XI. Dimana akan dipilih 8 peserta putra dan 8 peserta putri terbaik yang akan mewakili Kota Bogor.

Dalam latihan gabungan ini, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor ini mengatakan, asesmen yang dinilai meliputi aspek spiritual dan keagamaan, patriotisme, kepramukaan dan Teknik kepramukaan (Tekpram), seni budaya dan keterampilan, teknologi digital dan wawancara.

Pada kesempatan itu Dani menyampaikan, ada satu anggota pramuka dari SMPN 6 Kota Bogor kelas VIII yang berhasil lolos seleksi Petugas Upacara Pembukaan Jamnas XI dan Hari Pramuka ke-61 mewakili Jawa Barat.”Suatu kebanggaan bagi kami dan seluruh Pramuka Kota Bogor dimana salah satu peserta kegiatan ini yang telah lolos seleksi dan terpilih sebagai Petugas Upacara HUT Pramuka Tingkat Nasional yaitu adik Ayla Zahra,” katanya.

Latihan gabungan ini dimulai dengan Upacara Pembukaan Penggalang dilanjutkan dengan asesmen. Latihan dibimbing langsung oleh para pembina dan diakhiri dengan Upacara Penutupan Penggalang. (Red)

Exit mobile version