BPJS Kesehatan Cibinong Ajak Insan Pers Sukseskan Program JKN-KIS

Ondrio Nas, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cibinong di acara "Ngopi'" dengan media di Cafe Payung Hujan Pakansari Cibinong, Senin (30/05) photo:santo

CIBINONG, (BS) – BPJS Kesehatan Cabang Cibinong menggelar Ngopi (Ngobrol Program Terkini) JKN bersama insan pers dari media di wilayah Kabupaten Bogor yang diselenggarakan di Payung Hujan Café kawasan GOR Pakansari, Cibinong, Senin 30 Mei 2022.

Selain untuk menyebarluaskan informasi pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat hubungan komunikasi dengan para insan pers.

Sebagai jembatan informasi untuk masyarakat, Awak media mengambil peran penting dalam menyukseskan Program JKN-KIS dalam menyebarluaskan informasi.

Dalam pemaparannya Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cibinong Ondrio Nas mengatakan, Informasi Program JKN-KIS terkait alur layanan, program terkini dan inovasi kemudahan layanan dari BPJS Kesehatan harus diinformasikan secara menyeluruh kepada masyarakat. terkait penyebarluasan informasi JKN-KIS ini sinergitas seluruh pihak diperlukan termasuk dengan para insan pers.

“Sinergitas yang baik diperlukan untuk menyukseskan Program JKN-KIS bukan hanya dengan institusi, namun seluruh penduduk Indonesia termasuk para insan pers. Persamaan pemahaman dan pemerataan informasi dalam menjalankan Program JKN-KIS perlu dilakukan. Program JKN-KIS yang termasuk salah satu program strategis nasional dari pemerintah ini perlu dukungan dari seluruh pihak,” Ujar Ondrio, Senin (30/05)

Pada kesempatan yang sama BPJS Kesehatan Cabang Cibinong juga menyampaikan kanal layanan informasi salah satunya petugas BPJS Siap Membantu (SATU) di rumah sakit, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) dan kanal layanan digital aplikasi Mobile JKN. Disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) Betty Parapat BPJS Satu ditugaskan di rumah sakit merupakan termasuk upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Jika peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit membutuhkan informasi terkait layanan Program JKN-KIS atau pun menyampaikan keluhan atas pelayanan yang didapat selama berobat bisa disampaikan kepada petugas BPJS Satu. Informasi berupa foto dan nomor telepon petugas BPJS Satu di rumah sakit dapat dipastikan tersedia di beberapa titik pada rumah sakit. Petugas akan senantiasa membantu baik dengan memberikan penjelasan informasi JKN-KIS maupun membantu menyelsaikan keluhan peserta,” Ujar Betty.

Pada kesempatan yang sama disampaikan juga informasi pembayaran cicilan yang dapat dimanfaatkan masyarakat atau dikenal dengan program REHAB. Kepala Bidang Penagihan Keuangan Dian Sri Rahayu menyampaikan peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau dikenal peserta mandiri yang belum membayar iuran lebih dari 3 bulan dapat memanfaatkan Program REHAB. Pendaftaran program dapat melalui aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165, sehingga peserta dapat merencanakan pembayaran bertahap atau cicilan sesuai kemampuan membayar.

Optimalisasi layanan digital juga terus dilakukan salah satunya pemanfaatan aplikasi Mobile JKN. Dengan aplikasi tersebut peserta dapat melakukan perubahan data secara mandiri, daftar antrean online sebelum datang berobat ke fasilitas kesehatan, melakukan screening kesehatan, mendapatkan KIS digital untuk berobat tanpa harus membawa kartu fisik, dan masih banyak menu yang dapat memudahkan pelayanan peserta.

Dalam penutupannya Betty mengatakan seluruh lapisan masyarakat harus terinformasi dengan baik dan memiliki kesamaan pemahaman dalam melaksanakan Program JKN-KIS. Asas gotong royong dan yang sehat membantu yang sakit harus dimaknai dengan rutin membayar iuran setiap bulan. Kegiatan ini terselenggara atas sinergi BPJS Kesehatan dan awak media sebagai fungsi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. (San)

Exit mobile version