News  

Mantan Bupati Bogor RY Disebut Dalam Sidang Perkara Suap Ade Yasin

BANDUNG, (BS) – Nama mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) beberapa kali disebut oleh saksi dalam persidangan terdakwa Ade Yasin Cs dalam perkara dugaan suap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat, digelar di ruang sidang IV R. Soebekti, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus, Bandung, Senin (15/08).

Nama Rachmat Yasin disebut-sebut di depan Majelis Hakim, yang dipimpin Hera Kartiningsih, oleh Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, Yukie Meistisia Ananda Putri yang bersaksi pada sidang tersebut.

” Terkait arahan dan usulan dari Ihsan Ayatullah untuk menyiapkan sejumlah uang untuk suap Auditor BPK, langsung disiapkan. Karena yang saya tahu ketika Ihsan menyuruh, sama saja dengan perintah Rachmat Yasin,” sebut Yukie saat menjawab pertanyaan Hakim.

Yukie mengaku karena saat itu tengah ada pemeriksaan keuangan BPK Perwakilan Jawa Barat tahun anggaran 2021, pihaknya sempat ada permintaan dana dari BPK RI Perwakilan Jawa Barat melalui terdakwa Ihsan Ayatullah (Kasubid Kasda BPKAD Kabupaten Bogor). Sehingga pihaknya diharuskan menyediakan dana sebesar Rp200 juta, dari anggaran proyek RSUD Ciawi.

Permintaan itu terpaksa dipenuhi karena menganggap Ihsan sebagai kepanjangan tangan dari Rachmat Yasin, maka pihaknya menyiapkan uang yang diminta dengan cara patungan, sebagai langkah untuk antisipasi adanya temuan BPK Perwakilan Jawa Barat dari pemeriksaan tersebut.

“Untuk Proyek RSUD Ciawi diminta oleh Ihsan menyediakan uang sebanyak Rp200 juta untuk antisipasi adanya temuan BPK Jawa Barat. Kami patungan, sampai uang terkumpul Rp200 juta yang diberikan kepada Ihsan dengan harapan bisa selesai permasalahan tersebut,” ungkap Yuki kepada Majelis Hakim.

Disebutkannya, uang tersebut diberikan dua tahap. Yakni, sebesar Rp100 juta pada tanggal 15 Februari dan kemudian untuk yang Rp100 juta pada 20 Februari 2022. Sehingga totalnya Rp200 juta, ungkapnya.

Exit mobile version