Diduga Minim Kualitas Proyek TPT yang Dilaksanakan CV. Ciampea Jaya Tahun 2021, Roboh

CIGOMBONG, (BS) – Proyek pembangunan Turap Penahan Tanah (TPT) Blok Sawah Asep Desa Srogol, Kecamatan Cigombong yang dikerjakan oleh CV. Ciampea Jaya Tahun 2021 lalu, Minggu (10/10/2022) roboh.

Proyek pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Bogor Tahun 2021 senilai Rp. 614.500.000 itu diduga dikerjakan secara asal-asalan tanpa kajian tekhnik dan perencanaan yang matang.

“Dinding itu roboh sore hari ketika hujan turun. Sebenarnya, belum lama pekerjaan itu selesai kualitas bangunan sangat tidak maksimal. Bahkan retak-retak di beberapa bagian yang rawan. Kami yakin, pelaksana sengaja mengurangi kualitas bahan bangunan demi meraup keuntungan lebih”, papar Ogar, warga Sawah Asep.

Baca juga: Kinerja Kades Cigombong Dikritisi Warga. Camat Berikan Klarifikasi

Sebelumnya, lanjut warga lainya, pelaksana proyek meninggalkan hutang untuk pembayaran upah kerja, bahan material serta uang sewa tempat.

“Setelah beritanya viral, pelaksana baru melakukan pembayaran, meskipun baru setengah. Dengan alasan dana proyek dari pemda terhambat cair karena bupatinya ditangkap KPK.

Saat dimintai keterangan, Direktur CV.Ciampea Jaya Zulkifly, enggan memberikan komentar apapun.

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Getar Pasundan Diana Papilaya, menegaskan bahwa dinas terkait harus bertindak tegas Dan dalam kasus itu pihaknya akan melaporkan ke Polda Jawa Barat.

“Ini pelanggaran pidana. Dan jelas telah merugikan negara. kami akan laporkan masalah ini ke Polda Jabar”, Tandasnya.