Kakek Asal Pamijahan Ini Bersyukur Berkat Program JKN Pengobatan Stroke Yang Dialaminya Seluruhnya Ditanggung

CIBINONG, (BS) – Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk terbanyak ini membuat BPJS Kesehatan harus memastikan seluruh masyarakat di Kabupaten telah terlindungi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ditemui oleh Tim Jamkesnews seorang kakek yang memiliki keterbatasan gerak pada lengannya ini menyampaikan rasa syukurnya pada Pemerintah dengan ada Program JKN biaya pengobatan stroke yang ia alami seluruhnya dapat ditanggung.

Dibantu dengan tongkat untuk berjalan kakek bernama Aning (70) asal Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan bercerita dirinya dengan keterbatasannya masih harus berkerja mengumpulkan botol bekas untuk dijual kembali.

Menghabisi masa tuanya ia hanya berharap kesehatan untuk dirinya dan sang istri, dengan raut wajah bahagia ia menunjukkan identitas yang kerap ia gunakan untuk berobat secara gratis.

“Saya sering sakit-sakitan bisa jadi karena sudah tua, saya juga pernah jatuh dan setelah itu saya sulit jalan dan tangan menjadi kaku kata dokter saya stroke. Semenjak saat itu sampai sekarang pengobatan yang masih berlangsung ini tidak pernah saya mengeluarkan uang sepeser pun alhamdulillah. Dipaksa bayar juga saya tidak mampu, uang yang dikumpulkan dari memulung saya dan istri saya lebih baik digunakan untuk makan,” ujar Aning, Senin (31/10)

Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial membuat Aning dan keluarga terdaftar dalam segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Ia bersyukur iurannya dibayarkan Pemerintah pusat karena baginya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sulit. Sebagai tulang punggung di usia senjanya ia bersyukur masih diberikan kesehatan dan lingkungan yang peduli dengan dirinya.

“Saya kalau berobat ke Puskesmas Ciasmara dibantu dengan ketua RT di rumah saya, masih rutin konsumsi obat dan hanya menunjukan identitas saya untuk berobat. Saya tidak mau merepotkan lebih banyak orang lagi dan ternyata perlindungan jaminan kesehatan ini dari Pemerintah dengan adanya Program JKN jadi saya tidak khawatir biaya berobat karena alhamdulillah ditanggung penuh pengobatan stroke saya. Program JKN sangat membantu apa lagi untuk orang yang tidak mampu yang memenuhi kebutuhan pokok saja sulit, program ini memberikan perlindungan kesehatan dan solusi pembiayaan kesehatan,” tutup Aning.

Exit mobile version