Breaking News

Pemdes Tarikolot Kembali Gelar Pesta Rakyat Tarikolot Expo Ke-3

BOGOR, (BS) – Setelah sukses digelar pada tahun 2022, kini Pesta Rakyat Tarikolot Expo 2023 bakal digelar kembali dimulai 21-27 Desember 2023 atau 7 Hari Event.

Kegiatan yang digagas oleh Karang Taruna Desa Tarikolot itu berlokasi di jalan Raya Tengsaw, RT 03/RW 05, Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Tarikolot Expo 2 pada tahun 2022, Alhamdulillah berjalan dengan sukses dan mendapat dukungan dari berbagai masyarakat serta perusahaan-perusahaan yang ada disekitar Desa Tarikolot. Untuk itu kami mengadakan kembali Tarikolot Expo 3 ini,” kata Ketua Panitia Tarikolot Expo 3, H. Bahar Kurnia kepada BogorUpdate.com, Rabu (20/12/23).

Menurut Bahar, tujuan diadakan bazar home industri itu adalah agar terwujudnya Desa Tarikolot sebagai Desa Wisata Industri (Sawitri) kerajinan logam. Selain itu, tumbuhnya minat kreatifitas generasi penerus terhadap kekayaan daerah.

“Tujuannya agar Sawitri Tarikolot bisa terwujud. Lalu terciptanya lingkungan yang produktif, terjalinnya kerjasama dengan perusahaan dan lembaga yang peduli dengan potensi daerah dan mampu melanjutkan Expo ke-2 tahun 2022 guna membangkitkan ekonomi mikro,” ujarnya.

“Diharapkan dengan pengadaan EXPO 2023 Tarikolot, keberlangsungan home industri kerajinan logam, dapat memulihkan perputaran roda perekonomian,” tambahnya.

Selain menyajikan berbagai produk UMKM Desa Tarikolot, lanjut Bahar, dalam bazar tersebut juga disisipi kegiatan lain yang bertujuan agar minat pengunjung semakin tertarik.

“Nanti juga akan ada kegiatan tambahan seperti Disability Show, Community Performance Pameran Ekonomi Kreatif, Live Music, Talk Show Inspiratif, Pentas Seni, Warung Kejujuran, Wahana Permainan, dan Perlombaan,” jelasnya.

Selain itu, jelas dia, sasaran untuk peserta Expo, UMKM Logam Desa Tarikolot ialah Perusahaan-perusahaan di lingkungan Desa, UMKM ekonomi kreatif Desa Tarikolot dan Kecamatan Citeureup, Lembaga Desa dan Dinas terkait, masyarakat Kabupaten Bogor dan Nasional.

Untuk diketahui, Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor dikenal sebagai pusat kerajinan logam yang memproduksi berbagai macam perabotan rumah tangga, seperti loyang, oven, pencetak kue, panci, pot bunga, asbak dan lainnya.

“Setidaknya 300 perajin logam berada di wilayah Desa Tarikolot sehingga daerah ini menjadi salah satu UMKM unggulan di Kabupaten Bogor. Hampir setiap rumah penduduk menjadi home industri yang memproduksi kerajinan untuk membuat perabotan rumah tangga. Dari berskala kecil hingga besar yang mempunyai karyawan hingga puluhan orang,” tuturnya.

Bisa dikatakan keberadaan kerajinan logam ini cukup membantu meningkatkan perekonomian warga. Sebab, kalau satu perajin saja bisa mempekerjakan enam karyawan, maka ada ribuan warga menggantungkan hidupnya dari kerajinan ini.

“Pandemi memengaruhi perekonomian masyarakat Desa Tarikolot. Kebijakan pembatasan aktifitas menghambat usaha perajin logam. Maka dari itu pemerintah desa mengupayakan kebangkitan ekonomi mikro melalui bazar home industri di Desa Tarikolot,” tandasnya. (*)