Breaking News

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Bogor Luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada

CIBINONG, (BS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor secara resmi melakukan kegiatan tahapan pemilihan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati Bogor) dengan peluncuran Maskot dan Jingle Pemilu tahun 2024, di Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (09/6/2024).

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia menyampaikan bahwa, pengambilan maskot berupa macan tutul Jawa Barat diambil dari filosofi dari nama Patih dan Wati.

Dirinya berharap dengan peluncuran tahapan Pemilukada Kabupaten Bogor ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih di ajang pesta demokrasi nantinya.

“Melalui peluncuran maskot dan jingle ini, kami mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2024,” kata Adi Kurnia kepada wartawan.

Karena menurut Adi, pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 lalu, KPU Kabupaten Bogor berhasil meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 1,3 persen, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, bila KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengucapkan selamat kepada jajaran KPU Kabupaten Bogor, karena telah melakukan peluncuran maskot dan jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor yang tujuannya semata-mata untuk lebih meningkatkan partisipasi pemilu saat pilkada di November 2024 mendatang.

“Maskot dan jingle ini kan diluncurkan yang saya tahu, untuk membantu mensosialisasikan, mengabarkan pelaksanaan pilkada pada 27 November 2024,” ungkap Ummi eks ketua KPU Kabupaten Bogor periode 2023-2028.

Ia juga menjelaskan, KPU Provinsi Jabar yang dikomandoi itu, juga telah dan memiliki maskot dalam pelaksanaan pilkada ini yaitu Sili dan Wangi yang berasal dari Maung (Macan, red) yang diluncurkan pada 27 Mei 2024 lalu.

“Dan untuk tagline KPU Jawa Barat, Pilkada Jabar 2024 Gemilang (Gembira Memilih Langsung) mari jadikan pemilihan kepala daerah 2024 memilih dengan riang dan gembira. Adapun, target partisipasi pemilih kita di 85 persen dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap) se-Jawa Barat,” tandasnya. (Brosan)