Polri Awasi Aktivitas Penjualan Online Obat Antibiotik Pandemi Covid-19

JAKARTA – britasatoe.com .Polri menyatakan melakukan pengawasan aktivitas penjualan online obat-obatan jenis antibiotik yang biasa digunakan selama Pandemi Covid-19 atau virus corona.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, pemantauan penjualan di situs online tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan permainan harga dari jenis obat tersebut.

“Polri lakukan pemantauan terhadap aktivitas jual-beli obat antibiotik di penjual online,” kata Argo kepada awak media, Jakarta, Senin (5/7/2021).

Selain secara online, Polri juga melakukan pengawasan langsung ke pabrik pembuatan obat serta jalur distribusi penyalurannya. Hal itu untuk mencegah adanya penimbunan dan harga jual yang ditawarkan dari eceran tertinggi yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Hari ini sedang berjalan pula pemantauan di pabrik-pabrik obat termasuk jalur distribusinya,” ujar Argo.

Dalam hal ini, Argo menekankan, pihak kepolisian tidak akan ragu ataupun segan melakukan tindakan tegas kepada distributor dan oknum penjual nakal lainnya, apabila melakukan penimbunan dan menaikan harga yang tidak wajar.

“Siapa saya yang melanggar akan segera ditindak,” ucap Argo.

Terkait obat-obatan dan alat kesehatan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menerbitkan Surat Telegram terkait penegakan hukum di masa PPKM Darurat Jawa – Bali.

Surat Telegram bernomor ST/1373/VII/H.U.K/7.1./2021 ini terkait harga eceran tertinggi (HET) obat-obatan dan Alkes di masa Pandemi Covid-19.

Surat Telegram yang ditujukan kepada para Kapolda dan bersifat perintah ini berisi 5 poin penting diantaranya:

1. Melakukan pengawasan terkait kepatuhan semua pihak dalam menjalankan PPKM Darurat dan pengendalian HET obat dalam masa pandemi Covid-19.

2. Melakukan penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku usaha yang melakukan penimbunan serta penjualan obat diatas HET sehingga masyarakat sulit mendapatkan obat dan alkes.

3. Melakukan penegakan hukum secara tegas terhadap tindakan yang menghambat segala upaya Pemerintah dalam melakukan penanggulangan wabah Covid-19 termasuk terhadap penyebaran berita bohong/hoaks.

4. Mempelajari, memahami serta melakukan koordinasi dengan pihak Kejaksaan terkait penerapan pasal-pasal yang dapat dikenakan terhadap pelaku tindak pidana dimasa pandemi Covid-19.

5. Melaporkan hasil kegiatan kepada Kapolri up Kabareskrim.

Respon (181)

  1. 💫 Wow, this blog is like a cosmic journey soaring into the galaxy of endless possibilities! 🎢 The mind-blowing content here is a thrilling for the imagination, sparking excitement at every turn. 🎢 Whether it’s inspiration, this blog is a source of exciting insights! #AdventureAwaits Dive into this exciting adventure of discovery and let your thoughts soar! 🚀 Don’t just read, immerse yourself in the thrill! #BeyondTheOrdinary Your mind will thank you for this exciting journey through the dimensions of awe! 🌍

  2. 🚀 Wow, this blog is like a fantastic adventure blasting off into the universe of excitement! 💫 The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the imagination, sparking excitement at every turn. 💫 Whether it’s technology, this blog is a goldmine of inspiring insights! #MindBlown Dive into this cosmic journey of knowledge and let your mind fly! 🚀 Don’t just enjoy, immerse yourself in the excitement! #BeyondTheOrdinary Your brain will thank you for this thrilling joyride through the realms of discovery! 🚀

  3. Artikel ini fantastis! Cara penjelasannya sungguh memikat dan sangat mudah untuk dipahami. Sudah jelas bahwa telah banyak kerja keras dan penelitian yang dilakukan, yang sungguh patut diacungi jempol. Penulis berhasil membuat topik ini tidak hanya menarik tetapi juga asyik untuk dibaca. Saya dengan semangat menantikan untuk menjelajahi konten seperti ini di masa depan. Terima kasih atas berbaginya, Anda melakukan tugas yang istimewa!

  4. 💫 Wow, blog ini seperti roket meluncur ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 🌌 Konten yang mengagumkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu ketertarikan setiap saat. 🎢 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang mendebarkan! #TerpukauPikiran Berangkat ke dalam pengalaman menegangkan ini dari imajinasi dan biarkan imajinasi Anda terbang! 🚀 Jangan hanya membaca, rasakan sensasi ini! 🌈 Pikiran Anda akan berterima kasih untuk perjalanan menyenangkan ini melalui alam keajaiban yang tak berujung! ✨

  5. Begitu luar biasa! Kehebatan konten ini sungguh luar biasa. Penyajiannya sungguh menakjubkan. Perawatan dan pengetahuan yang diinvestasikan dalam karya ini terlihat jelas. Topi terbang untuk penulis yang menawarkan pengalaman yang begitu berharga. Saya dengan antusiasmen menunggu untuk melihat lebih banyak konten serupa di masa depan. 👏👏👏

  6. Fantastic article! 🌟 The information is presented clearly, and I’m curious if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating. 🖼️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *