2 Dari 5 Orang Wartawan Gadungan Pelaku Pemerasan ditangkap, 3 Lainnya DPO

Bogor, (BERITASATOE.COM) – Konferensi Pers penangkapan Oknum mengaku sebagai wartawan di polsek cileungsi dihadiri langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Sabtu (2/10/2021).

Perkara ini diawali atas dasar laporan polisi pada tanggal 23 september 2021 di polsek cileungsi. Bahwasanya korban merasa di peras oleh beberapa orang yang mengaku sebagai wartawan. Dari laporan tersebut kemudian polsek Cileungsi bersama Polres Bogor melakukan penyelidikan sehingga bisa melakukan penangkapan terhadap tersangka berinisial JS dan JN, ada dua tersangka yang kita tangkap. Sedangkan 3 tersangka lainnya masih dalam DPO yaitu FS, FBS, FS semuanya warga Bekasi.

Dari dua tersangka tersebut mengaku sebagai seorang wartawan, kemudian kita dapati ada padanya Id card wartawan seperti Radar Metro, Indonesian Morality Watch dan liputan Hukum.

Modusnya dengan cara mengawasi beberapa korban mencari kesalahan korban, kemudian korban diancam dan di peras. Kalau tidak memberikan uang pelaku mengancam akan disebarkan di medianya.

Pelaku sudah melakukan aksi tersebut di beberapa TKP, ada 37 TKP hingga saat ini dan di 6 kota yaitu Bogor Kota, Depok, Bekasi Karawang, Jakarta Timur dan Kab. Bogor yang jadi TKP, sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bogor ada 8 Kecamatan yaitu Cileungsi, Gn.Putri, Cibinong, Citereup, Sukaraja, Cisarua, Mg. Mendung dan Ciawi.

Menurut pengakuan tersangka mengaku baru 2 bulan melakukan aksinya. Tetapi hasil dari penyelidikan yang dilaksanakan dan berdasarkan alat bukti, kurang lebih 2 tahun sudah melancarkan aksinya.

Untuk tersangka dalam melakukan pemerasan nominalnya berbeda beda, dari jutaan sampai puluhan juta hingga ratusan juta. Jika ditotal dari keseluruhan hasil pemerasan kurang lebih sebanyak Rp.500 juta.

Untuk para sasaran korbannya ialah ASN, kemudian ada beberapa profesi, dan BUMN itu yang menjadi sasaran dari tersangka.

Kemudian ada juga dengan didatangi, menanyakan terkait dengan dana dan ditakut takuti kemudian diperas.

Atas kejadian tersebut kami kenakan pasal 368 KUHP pasal Pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara

Bagi ASN, Lurah, Camat, Kadis bila di ancam oleh oknum wartawan segera melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek yang terdekat, kami akan proses. “tutup Kapolres Bogor AKBP Harun, SIK, SH.”

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan Terimakasih kepada Bapak Kapolres sudah melakukan penindakan hukum terhadap tindak pidana pemerasan. Proses selanjutkan akan dikembangkan oleh Kapolsek Cileungsi.

Apresiasi untuk Bapak Kapolres dan Kapolsek atas pengungkapannya, kasus pemerasan oleh wartawan ini. Himbauan untuk ASN dan siapapun yang jadi korban pemerasan jangan takut untuk melapor karena pasti akan di proses oleh pihak kepolisan Polres Bogor, tutup Bupati Bogor Ade Yasin. (Bais)

Respon (233)

  1. πŸš€ Wow, this blog is like a cosmic journey launching into the galaxy of wonder! 🌌 The mind-blowing content here is a thrilling for the mind, sparking curiosity at every turn. 🌟 Whether it’s lifestyle, this blog is a treasure trove of exhilarating insights! #InfinitePossibilities πŸš€ into this exciting adventure of imagination and let your imagination roam! πŸš€ Don’t just enjoy, experience the thrill! 🌈 Your brain will be grateful for this exciting journey through the dimensions of awe! πŸš€

  2. πŸ’« Wow, this blog is like a fantastic adventure blasting off into the universe of endless possibilities! 🎒 The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking curiosity at every turn. 🌟 Whether it’s inspiration, this blog is a source of inspiring insights! #AdventureAwaits Dive into this exciting adventure of knowledge and let your thoughts fly! 🌈 Don’t just read, experience the excitement! 🌈 Your brain will be grateful for this thrilling joyride through the worlds of endless wonder! πŸš€

  3. πŸ’« Wow, blog ini seperti petualangan fantastis meluncurkan ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 🎒 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 🎒 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang mendebarkan! 🌟 Berangkat ke dalam perjalanan kosmik ini dari imajinasi dan biarkan pemikiran Anda berkelana! 🌈 Jangan hanya membaca, rasakan kegembiraan ini! #MelampauiBiasa Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan menyenangkan ini melalui alam keajaiban yang penuh penemuan! πŸš€

  4. Fantastic article! 🌟 The information is presented clearly, and I’m curious if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating. πŸ–ΌοΈ

  5. Your article is excellent! The information is presented clearly, and I’m curious if you plan to add more images in your upcoming pieces. It could enhance the overall reader experience.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *