Hadapi Musim Pancaroba Pemdes Kalongliud Giat Lakukan Fogging

Nanggung, ( BERITASATOE.COM) – Guna menghadapi cuaca pancaroba, pemerintah desa Kalongliud Bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Nanggung, kabupaten Bogor giat lakukan Fogging, kali ini diadakan dikampung Liud tepatnya di wilayah RW 04, sebanyak 5 lingkungan RT, Sabtu (18/12/2021).

kepala Puskesmas Nanggung dr. Baringin Manik mengatakan, kegiatan Fogging ini bukan baru pertama kali kita lakukan.

“Fogging yang kami lakukan saat ini memang sudah sering dilakukan di beberapa wilayah desa di kecamatan Nanggung, dan untuk wilayah lain yang belum dilakukan Fogging seharusnya Kepala desa (Kades) yang mengajukan kepada pihak Puskesmas, nanti kami dari pihak Puskesmas akan menjadwalkan untuk melakukan kegiatannya,” ucap Baringin Manik

Baringin menambahkan, di setiap wilayah desa itu ada kader dan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang bisa mangajukan untuk Fogging.

“pengajuan untuk dilakukan Fooging juga bisa melalui para Kader atau Jumantik, yang memang ada setiap wilayah desa,” tutupnya

Dalam kesempatannya kepala desa Kalongliud Jani Nurjaman menghimbau kepada masyarakat agar selalu aktif melakukan 3M.

“Sehubungan saat ini kita semua sedang memasuki musim pancaroba yang berpotensi merebaknya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), saya selaku kepala desa menghimbau dalam hal ini kepada seluruh ketua Rw, Rt dan juga masyarakat desa Kalongliud untuk terus aktif melakukan 3M.

1. menjaga kebersihan lingkungan dengan cara mengubur sampah non organik
2. Menguras tempat penampungan air atau bak mandi
3. Menutup penampungan air

Dan saya minta kepada setiap ketua Rw dan Rt ketika melakukan giat bersih-bersih agar bisa memberikan bukti foto ataupun video,” tegasnya.

Masih kata kades, di wilayah desa Kalongliud sampai saat ini belum ada masyarakat yang menjadi korban dari wabah DBD.

“Alhamdulillah sampai saat ini di desa Kalongliud aman dan tidak ada korban wabah DBD, terlepas dari itu kita kembalikan lagi terhadap kesadaran seluruh warga masyarakat, tentang pentingnya menjaga kebersihan di rumah dan lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (Cenk)