Hukum, News  

Terkait Perkara Suap Bupati Bogor, KPK Panggil Pengusaha Hingga Mahasiswa

Bupati Bogor Non Aktif Ade Yasin, Tersangka Kasus Suap WTP Pemkab Bogor

BOGOR, (BS) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini kembali melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi terkait kasus suap Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin Cs di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada Hari ini Selasa 20 Mei 2022.

Setelah sebelumnya melakukan pemanggilan sejumlah Pejabat dan Staf di Pemerintah Kabupaten Bogor, kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memanggil sejumlah pengusaha atau kontraktor yang terlibat dalam Mega Proyek Cibinong A Beautiful City.

“Betul, KPK hari akan melakukan pemeriksaan para saksi Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap terkait pengurusan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2021 dengan tersangka Bupati Bogor Non Aktif beserta 7 tersangka lainnya,” tulis Ali Fikri melalui rilis resminya yang diterima Tugasbangsa.com, Jum’at (20/5/22).

Menariknya para saksi yang dipanggil KPK hari ini bukan lagi dari kalangan Birokrat Pemkab Bogor melainkan kebanyakan dari pihak swasta/pengusaha hingga Mahasiswa, bahkan sopir pribadi pun ikut diperiksa KPK.

Semua itu untuk pendalaman terkait sejauh mana keterlibatan mereka dalam mengumpulkan dana untuk menyuap auditor BPK agar mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian,ujar Ali Fikri.

Berikut sejumlah saksi yang hari ini dimintai keterangannya :

1. Sunaryo Wiraswasta/Dirut PT Kemang Bangun Persada

2. H. Sabri Amirudin Direktur PT. Sabrina Jaya Abadi.

3. Jonarudin Syah Wiraswasta/Direktur CV. Raihan Putra.

4. Rieke Iskandar alias Akew Sekretaris KONI Kab. Bogor.

5. Muhammad Wijaksana alias Iman (Pegawai Honorer BPK Perwakilan Jawa Barat).

6. Krisna Candra Januari alias Kris (Wiraswasta)

7. Genia Kamilia Sufiadi Pelajar/Mahasiswa.

8. Putri Nur Fajrina (Pelajar/Mahasiswa)

9. Tantan Septian (Sopir)

Para saksi yang dipanggil dan diperiksa hari ini masih terkait perkara suap Bupati Bogor Ade Yasin kepada oknum BPK Perwakilan Jaya Barat yang beberapa waktu lalu terjaring Operasi Tangkap Tangan oleh KPK di kawasan Puncak Bogor.(San)