Kuis Kebangsaan Meriahkan Peringati Hari Lahir Pancasila di Desa Cinagara

Musyawarah BBGRM Desa Cinagara

BOGOR, (BS) – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila. Seperti halnya yang dilakukan kepala Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, Burhanudin, yang menggelar sesi kuis kebangsaan dalam rapat Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), di aula kantor desa, Rabu (01/06/2022).

Dalam rapat yang diikuti oleh para ketua RT, RW, BPD, LPM, Karang Taruna Desa, MUI desa, Bhabinkamtibmas, serta tokoh Masyarakat itu, Kades Burhanudin yang akrab disapa Kang Komeng itu melemparkan pertanyaan berhadiah kepada hadirin. Pertanyaan yang dilontarkannya itu seputar wawasan kebangsaan, seperti membacakan butir-butir Pancasila, tanggal, bulan dan tahun lahirnya Pancasila, serta menyebutkan rukun Iman. Dalam sesi itu, para hadirin musyawarah tampak semangat dan sangat antusias.

“Kuis yang saya adakan dalam rapat ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada para hadirin. Seeing hadiah yang saya berikan itu saya niatkan sebagai sodaqoh,”jelas Kades.

Musyawarah ini, lanjut Kades, sebagai media diskusi dan tukar pikiran antara pengurus wilayah dengan pemerintah desa tentang berbagai informasi maupun persoalan yang terjadi di lingkungan Masyarakat.

“Tujuan utama pertemuan ini sebagai media untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat yang dihimpun oleh para pengurus wilayah. Selain sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan yang tidak diinginkan juga sebagai media untuk mensinergikan antara masyarakat dengan pemerintah desa”, tandasnya.

Berdasarkan pantauan beritasatoe.com, musyawarah berjalan lancar. Hadirin yang terdiri dari Ketua Rt, Rw, Karang Taruna menyampaikan berbagai pertanyaan maupun masukan yang ditampung oleh Kepala Desa selaku pimpinan rapat. (Raden)