Dishub Kabupaten Bogor Segera Launching dan Sosialisasikan Kartu BLUe Terbaru, Simak Perbedaannya

BOGOR, (BS) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melalui Bidang  Sarana Transportasi Jalan segera mensosialisasikan penggantian Smart Card atau kartu Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) uji berkala kendaraan bermotor (KIR) terbaru.

“Ya benar, Dishub akan segera melaunching sosialisasi penggantian Kartu BLUe terbaru pengganti BLUe yang lama,” jelas Deni setiawan Kepala Seksie Uji Berkala Kendaraan Bermotor, Kamis 07 Juli 2022 di Kantornya.

Gambar Kartu Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) Kendaraan Bermotor yang lama

Lanjut Deni, kebijakan tersebut dilakukan  berdasarkan Peraturan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia no 19 tahun 2021 tentang penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor dan keputusan Dirjen Perhubungan Darat nomor KP-DRJD 3291 tentang pedoman tekhnis uji berkala kendaraan bermotor.

“Berdasarkan dua hal tersebut diatas, kami sampaikan kepada para pemilik kendaraan wajib uji yang berdomisili di wilayah kabupaten bogor mulai tanggal 11 Juli 2022 yang akan datang kendaraan yang lulus uji pada Unit Pelaksanaan Pengujian Kendaraan bermotor di dinas perhubungan kabupaten Bogor akan diterbitkan kartu BLUe terbaru,” kata Dia.

Gambar Kartu Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) Kendaraan Bermotor yang Baru

Perbedaan yang mencolok pada kartu BLUe terbaru dengan yang lama kata Deni, yakni perbedaan dalam masa berlakunya.

“Jadi jika di kartu Blue yang lama masa berlakunya untuk dua kali uji (satu tahun). Nah di kartu Blue yang baru nanti Mada berlaku kartu bertambah jadi untuk 6 kali uji (tiga tahun),” jelas Deni.

“Perubahan penggunaan kartu uji, tanda uji dan sertifikat uji kendaraan bermotor menjadi kartu e-sertifikat dan tanda uji yang dilengkapi Radio Frequensy Identification (RFID) ini akan dilakukan secara bertahap sampai dengan kartu Blue yang lama habis masa berlakunya,” paparnya.

Nah, untuk launching sosialisasi awal akan kita laksanakan pada Senin besok 11 Juli 2022. pungkasnya.