Jelang Pelaksanaan UKW, PWI Kabupaten Bogor Berikan Pematangan Materi ke Anggotanya

BOGOR, (BS) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor lakukan pematangan materi UKW kepada para anggotanya yang akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang akan digelar PWI Jawa barat dalam waktu dekat ini.

“UKW bagian terpenting sebagai persyaratan untuk menjadi wartawan sesuai harapan dewan Pers,” kata Ketua PWI Kabupaten Bogor H Subagiyo Sip Selasa (1/11/2022) petang.

H Subagiyo mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan regulasi dan hanya wartawan yang mempunyai sertifikasi lulus UKW yang dapat diterima untuk dapat mewawancara sumber berita.

” Bila hal itu sampai diberlakukan, PWI sudah siap menerima pelaksanaan regulasi oleh pemerintah,” tegas H Subagiyo.

Dijelaskan, PWI Kabupaten akan memenuhi ketentuan yang disyaratkan panitia PWI Jabar diantaranya, persyaratan surat menyurat seperti badan hukum dan ketentuan lain. Sehingga wartawan yang ajan ikut UKW tinggal mempelajari kode etik, undang undang Pers dan ilmu kewartawanan lainnya.

“Saya berdoa semua wartawan PWI lulus dalam ujian tersebut. Mengingat kelulusan itu menjadi syarat untuk jenjang keanggotaan,” jelasnya.