Rawan Penyimpangan, CBA: Program Samisade Perlu Diawasi Ketat

Jajang Nurjaman Koordinator CBA

BOGOR, (BS) – Masyarakat harus pro aktif dalam pengawasan penggunaan anggaran Samisade tahun 2022 ini dari awal sampai akhir. Hal tersebut ditegaskan Koordinator Investigasi Centre of Budget Analys (CBA) Jajang Nurjaman ketika dimintai keterangan oleh beritasatoe.com, Kamis (3/11/2022)

Jajang mengatakan, perlu diingat bahwa program samisade adalah produk yang dibuat mantan bupati Ade Yasin yang kini menjadi terdakwa dalam kasus korupsi.

Baca juga: Realisasikan Samidase, Pemdes Hambalang Betonisasi Jalan Desa Sepanjang 1 Km Lebih

“Meskipun begitu plt saat ini Iwan Setiawan yang sebelumnya jadi wakil bupati kini jadi bupati. Bisa dikatakan sebagai bagian dari pembuat produk program samisade. Jadi tidak aneh kalau program ini tetap dipertahankan”, katanya.

Jajang menambahkan, meski begitu banyak catatan soal program samisade, karena fokusnya tidak jelas. Jangan sampai program ini dibuat dan dipertahankan karena Pemkab Bogor tidak mau ribet, tinggal lempar uang kurang lebih satu miliar ke desa kemudian beres tanggung jawab.

“Yang namanya program harus jelas konsepnya, tujuannya, dan indikator keberhasilannya. Jangan sampai program ini justru cuma menambah sumber bancakan oknum tidak bertanggung jawab di kabupaten Bogor”, pungkasnya.