Breaking News

PPDB SMP di Kabupaten Bogor Resmi Dibuka Hari Ini, Berikut Pilihan Jalur Pendaftarannya

PPDB SMP Negeri 3 Cibinong

BOGOR, (BS) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama atau SMP di Kabupaten Bogor, Jawa Barat resmi dibuka hari ini tanggal 03 Juli 2023.

Pantauan media ini dibeberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di wilayah Kecamatan Cibinong, hiruk pikuk para Wali Murid dan calon siswa mulai tampak.

Salah satu contohnya seperti terlihat di SMPN 3 Cibinong. Dimana panitia PPDB sibuk melayani Wali Murid calon siswa yang melakukan verifikasi data siswa setelah melakukan pendaftaran secara online.

” Hari pertama pembukaan PPDB SMP ini, seperti biasa antusias pendaftar luar biasa banyaknya. Hingga pukul 11.00 WIB hari ini tercatat sudah 667 pendaftar. Ini baru hari pertama saja, di prediksi hingga penutupan nanti diperkirakan pendaftar bisa mencapai 2000 an pendaftar” ungkap Ahmad Malikul Adil selaku Panitia PPDB SMP Negeri 3 Cibinong.

“Sementara untuk SMP Negeri 3 kuotanya seperti biasa hanya 10 Rombel (360 siswa) dengan pembagian jalur Zonasi 50 persen, jalur Afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas dan Tenaga pendidikan 5 persen dan jalur Prestasi Akademik & Non Akademik 30 persen,” tutur pria yang akrab disapa Malik ini.

Lebih lanjut Malik juga menjelaskan jika untuk jalur prestasi non akademik seperti prestasi Olahraga, Pramuka, Keahlian khusus dan lain-lainnya para calon siswa yang sudah mendaftar akan dilakukan test terlebih dahulu.

“Khusus untuk prestasi non akademik atau prestasi olahraga dan lain-lainnya, kita akan langsung diadakan tes kemampuan pada hari berikutnya,” ungkap Malik.

Ditempat yang sama, Lukman warga Kelurahan Karadenan yang mendaftar anaknya untuk masuk ke SMP Negeri 3 Cibinong berharap agar bisa diterima dan lolos verifikasi.

“Karena tempat tinggal saya lumayan dekat, saya daftarnya lewat jalur zonasi. Yah semoga aja bisa keterima,” harap Lukman.

Untuk diketahui, PPDB SMP di Kabupaten Bogor Jawa Barat pendaftaran secara Online melalui website yang telah disediakan. Seperti untuk pendaftaran online ke SMPN 3 Cibinong bisa melalui link dibawah ini.
www.ppdb.smpn3cibinong.sch.id

Reporter: Santo.