Breaking News

Program Siskamling Digital Diusulkan Kapolres Wujudkan Kamtibmas

Lampung Timur,  (BS) – Program Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) Digital diusulkan oleh AKBP. M Rizal Muchtar Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Lampung Timur (Lamtim) kepada masyarakat guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari.

Usulan Kapolres Lamtim ini merupakan jawaban atas curhatan berbagai elemen masyarakat, menyikapi masih maraknya peristiwa kriminalitas di permukiman khususnya di rumah-rumah kos di Desa Banja Rejo.

Kegiatan Jumat Curhat yang dihadiri oleh Kapolres, Para Pejabat Utama Polres Lampung Timur dan Pokdar Kamtibmas ini digelar di Balai Desa Banja Rejo pada Jumat (29/3) malam.

AKBP. M Rizal Muchtar menjelaskan bahwa Siskamling Digital, dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi Telegram yang terdapat pada perangkat smartphone atau telepon berbasis android.

Siskamling Digital ini merupakan sarana mempercepat penyampaian informasi, terkait perkembangan situasi Kamtibmas disekitar lingkungan warga masyarakat Desa Banja Rejo.

“Selain Babinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, seluruh elemen masyarakat Desa Banja Rejo bisa bergabung pada Group Siskamling Digital ini. Sehingga update informasi terkini, bisa dengan cepat diketahui, untuk kemudian dilakukan langkah-langkah tehnis bersama aparat terkait,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Lamtim juga mendukung keinginan masyarakat mendirikan Pos Keamanan Terpadu di Dusun Menur Desa Banja Rejo guna menekan dan mengantisipasi peristiwa tindak kriminalitas.

Pos Keamanan Terpadu ini nantinya, akan melibatkan berbagai personil keamanan dari berbagai unsur antara lain, TNI, Kepolisian, Sat Pol-PP, Linmas, termasuk Pemuda.

“Institusi Kepolisian siap mendukung bahkan akan menyediakan personil, untuk mendukung keberadaan Pos Keamanan Terpadu di Desa Banja Rejo, semoga ini menjadi salah satu terobosan untuk menekan dan mengantisipasi kejadian kriminalitas,” tambah Kapolres Lampung Timur.

Sebelum mengakhiri acara, Kapolres Lamtim juga menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Desa Banja Rejo akan ditempatkan 1 Pos Pengamanan (Pos PAM), untuk mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hadir pada kegiatan Jum’at Curhat itu, Camat Batanghari, Perwakilan Koramil dan jajaran Polsek, Kepala Desa dan perangkatnya, para tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Pemuda.

Ropian Kunang
Kasi Humas Polres Lamtim