Breaking News
Daerah  

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Timur, Wan Ruslan : Kebersihan Sebagian Daripada Iman

LAMPUNG TIMUR, (BS) – Ternyata, keimanan merupakan dasar utama dalam menjaga kebersihan dilingkungan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Timur selain didukung oleh Petugas kebersihan.

Meskipun kondisi gedung Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung telah mengalami kerusakan karena termakan usia akan tapi kebersihan lingkungan tetap selalu terjaga.

Hal itu diungkapkan oleh Wan Ruslan Abdulgani Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Timur diruang kerjanya pada Rabu, 24 April 2024 jam 10.30 WIB.

“Kalau kita ini Alnazafat juz’ Al Iman, kebersihan sebagian daripada iman, (kegiatan bersih-bersih) memang rutin walaupun gedung mau rubuh kita minta bantuan ke Pemda nggak keluar-keluar untuk memperbaiki fisik gedung kita ini tapi kebersihan tetap kita jaga “, tutur Wan Ruslan Abdulgani didampingi oleh M., Saidi,ST Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (KUPTD PKB).

Ia perintahkan petugas kebersihan untuk tetap selalu menjaga kebersihan baik memangkas dan menyapu sebagai kegiatan rutin.

“Saya perintahkan temen-temen yang memang bertugas untuk selalu menjaga kebersihan secara rutin. Kalau rumput seminggu sekali dipangkas, udah kering di bakar, kalau nyapu sebagai rutinitas rupanya temen-temen kita taat jadi rutin”, kata Kepala Dinas Perhubungan Lampung Timur itu.

Pihaknyapun tidak mengetahui adanya pemantauan yang dilakukan oleh rekan jurnalis atas kebersihan lingkungan kantornya

“Ini juga turun ke lapangan kita juga nggak tau kapan waktunya ada survei paling nggaknya kantor ini udah jadi alang-alang atau rumput Jepang, kapan waktunya kita nggak paham”, imbuhnya.

Pihaknya menjalankan prinsip-prinsip Agama Islam yang harus ditanamkan kepada seluruh staf dan petugas kebersihan.

“Ya jalanin aja prinsip-prinsip Agama Islam itu harus ditanamkan kepada staf dan petugas-petugas kita. Alhamdulillah mereka laksanakan, saya juga nggak tau yang penting jalani saja tugas, nggak tau mau ada orang nanya atau apa”, terangnya.

Dirinya merasa terkejut membaca berita tentang kebersihan lingkungan Dinas Perhubungan berikut Bappenda, Dinas Koperasi dan BNN Lampung Timur.

“Kaget juga saya dari semalam saya liat itu (berita), Agus Bappenda, Koperasi, BNN juga ada, saya dapet kiriman (berita) itu. Ya, Alhamdulillah saya bilang kita memang rutin seperti itu, kapan aja turun ya beginilah kondisinya”, jelasnya.

“Kebetulan rekan-rekan dari media ini turun di hari ulang tahun Lampung Timur ini bertepatan, masak ulang tahun laju belepotan, cek dulu biar bersih, cantik, rupanya Alhamdulillah apresiasinya Dinas Perhubungan rapih halamannya bersih”, paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Timur mengucapkan terimakasih atas pemberitaan tersebut.

“Saya juga berterimakasih, kita juga tidak luput dari saat-saat kita kendor, namanya iman kadang naik turun, iman payah dikendalikan, kalau dia turun orang-orang lagi nggak semangat tiba-tiba, namanya daun jatuh, ranting patah segala macem hal-hal itu mungkin bisa jadi masukan”, ujarnya.

(Disinggung, pada intinya kebersihan lingkungan tempat melaksanakan tugas kedinasan tergantung dari pimpinan masing-masing) jelas, jelas” sambungnya.

Iapun menghimbau dan berharap kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Timur untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan tempatnya bekerja masing-masing.

“Yang penting pertama, kita ini Muslim, Muslim itu kebersihan itu adalah sebagian dari iman itu ajaran kita, nenek moyang kita ngomong begitu, ngasih tau seperti itu, udah wajar kita budayakan kebersihan”, himbaunya.

“Makanya nilai-nilai ini kita turunkan ke staf-staf kita, jangan dibatasi oleh rumah kita geribik atau gedung satu lantai atau dua lantai atau tiga lantai, tapi kita harus tetap tegakkan nilai-nilai kebersihan itu”.

“Namanya kantor apalagi di kantor kita banyak orang, maka saya tanamkan itu terutama pada petugas kebersihan, saya bilang saya nggak mau tau inikan tugas kalian harus dijalankan dengan baik”.

Apabila nilai-nilai keimanan berkaitan dengan kebersihan tersebut dijalankan oleh para OPD, maka Bupati Lampung Timur tidak perlu turun tangan.

“Saya kira kalau itu di jalankan oleh kawan-kawan, insyaallah nggak perlu Bupati ke bawah untuk memerintahkan tebang, pangkas nggak perlu, jalan sendiri”, harapnya.

“Menangani ini, temen-temen petugas kebersihan juga berpengaruh walaupun mereka tenaga harian lepas jadi harus kita perhatikan kebutuhan dia, kadang-kadang ngeluh dia orang, saya kira itu insyaallah Lampung Timur lebih baik”, pungkasnya.

Sebelumnya, pantauan kebersihan lingkungan dilakukan di halaman dan di sekeliling Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Menurut Suratman petugas cleaning servis, kebersihan lingkungan setempat merupakan anjuran dari Wan Ruslan Abdulgani Kepala Dinas Perhubungan Lampung Timur.

“Ini kegiatan rutin memang dianjurkan oleh Kepala Dinas supaya ini bagaimana caranya menjaga kebersihan”, tutur Suratman yang ditemui disela-sela kesibukan melakukan kegiatan kebersihan kemarin pada Selasa, 23 April 2024 jam 10.00 WIB. (Rofian Kunang)