Breaking News
News  

Libur Waisak, Jalur Puncak Macet Parah, Polisi Terapkan One Way Hingga Contraflow

PUNCAK BOGOR, (BS) – Jalur Puncak Bogor hari ini, Kamis 23 Mei 2024 mengalami peningkatan volume kendaraan. Kemacetan sudah mulai tampak sejak dari pintu Tol Ciawi menuju kawasan puncak Bogor.

Kepadatan kendaraan terjadi disebabkan oleh antusias masyarakat untuk menikmati liburan panjang Hari Raya Waisak dan Cuti bersama yang diberlakukan pemerintah dengan berwisata di kawasan wisata puncak bogor.

Peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak bogor sejak tadi pagi itu mengakibatkan kemacetan panjang hingga 4 kilometer.

Untuk mengurai kemacetan tersebut Kepolisian dari Satlantas Polres Bogor memberlakukan ganjil genap, Contraflow hingga memberlakukan One Way atau satu arah.

Untuk pemberlakuan ganjil genap diberlakukan sejak pukul 06.00 Wib hingga pukul 09.00 Wib. sementara untuk untuk rekayasa lalulintas diberlakukan One Way diberlakukan sejak pukul 09.00 Wib hingga arus lalulintas di kawasan puncak tersebut kembali Normal.

Sedikitnya 100 personil Satlantas Polres Bogor diterjunkan untuk mengatur lalulintas di kawasan puncak bogor tersebut yang disebar di beberapa titik kemacetan.

” Untuk penerapan ganjil genap Contraflow dan One Way ini, akan kami berlakukan hingga hari Minggu tanggal 26 Mei 2024 nanti,” jelas Iptu Ardian KBO Satlantas Polres Bogor.

Lanjut Ardian, untuk kawasan puncak bogor ini ada lima titik kemacetan yang sering terjadi yang menyebabkan antrian panjang.

“Ada 5 titik yang sering terjadi kemacetan dan antrian panjang yakni di simpang Pasir Muncang, simpang Megamendung, Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari dan yang terakhir di sekitar Madjid At-ta’awwun,” beber Iptu Ardian.

Sementara sambung Iptu Ardian untuk jumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan puncak baik roda dua, roda empat maupun roda enam hingga pukul 08.00 Wib tercatat sejumlah 11.200 kendaraan. Namun belum terhitung kendaraan-kendaraan yang masih mengantri di sepanjang ruas tol Ciawi menuju puncak, ungkapnya. (*/Red)