Breaking News

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Apresiasi Penambahan Masa Jabatan Kades, Ini Harapannya

CIBINONG, (BS) – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto berharap para Kepala Desa yang hari ini mendapatkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan jabatan bisa meningkatkan kinerja pemerintahannya.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri acara penyerahan SK Perpanjangan Jabatan Kades se-Kabupaten Bogor yang dilaksanakan di Gedung Laga Satria, Kamis 30 Mei 2024.

“Kami ucapkan selamat bertugas kepada para Kepala Desa yang hari ini mendapatkan SK perpanjangan jabatan selama 2 (dua) Tahun. Kami juga mengapresiasi keputusan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Presiden Jokowi dan nantinya tentu akan jadi program keberlanjutan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto,” ucap Rudy.

Lanjut Rudy, kita cukup optimis dengan perpanjangan masa jabatan kades ini ke depan Indonesia akan semakin maju, ujarnya.

Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto juga menyampaikan akan melanjutkan dan menyempurnakan apa yang sudah dilakukan dan yang sudah dikerjakan oleh presiden Jokowi.

Hal ini menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra tersebut adalah langkah kongkrit, bahwa kita bisa melihat program program tetap berjalan di masa transisi atau di awal-awal kepemimpinan presiden terpilih.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor yang digadang-gadang sebagai Kandidat kuat calon Bupati Bogor untuk periode tahun 2024-2029 dari Partai Gerindra ini juga sangat berharap siapapun nanti yang memimpin kabupaten Bogor, agar program unggulan yang sudah dicetuskan oleh Kepala Daerah/Bupati sebelumnya, seperti Bantuan Keuangan (Bankeu) atau yang populer disebut program Samisade (Satu Milyar Satu Desa) tetap dilanjutkan atau bahkan ditingkatkan.

” Kita berharap siapapun nanti kepala daerahnya selain bantuan keuangan untuk infrastruktur desa, agar ada juga anggaran khusus untuk menjadikan kantor desa sebagai pusat pelayanan desa. Jadi kantor desa bukan hanya sekedar kantor biasa tetapi bisa jadi pusat layanan kesehatan, sosial dan lainnya. Dan ini tentunya membutuhkan anggaran tertentu.” sebut Rudy.

Lanjutnya, “Karena ini program yang baik ini, harus kita jaga, kita rawat dan tentunya harus kita lanjutkan dan sempurnakan.” kata Rudy.

Terkait Bantuan Keuangan untuk infrastruktur atau program Samisade itu sendiri, kami melihat sangat baik dan efektif dalam percepatan pembangunan. Kalaupun ada permasalahan, permasalahan itu hanya beberapa gelintir saja dalam artian tidak terjadi di 416 desa yang ada di kabupaten Bogor ini. Dan itu hanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu saja.

” Secara pribadi saya mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Kepala Daerah atau bupati sebelumnya baik itu Bu Ade Yasin, maupun penerusnya Bapak Iwan Setiawan.
Apapun Program yang baik, kita katakan baik kok,” ucap Rudy.

“Sekali lagi saya berharap siapapun nanti Kepala Daerahnya agar program yang sudah baik itu tadi jangan dihilangkan tapi disempurnakan dan kalau perlu anggarannya ditambah.” Tegas Rudy.

Untuk diketahui, sebanyak 410 Kepala Desa dari 416 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bogor, hari ini menerima SK Perpanjangan Jabatan selama 2 (tahun) yang diserahkan langsung oleh Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Gedung Laga Tangkas, Pakansari,Cibinong.

Dalam sambutannya Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan bahwa penyerahan SK Perpanjangan Jabatan tersebut dalam rangka melaksanakan amanat Undang-undang yakni UU Nomor 3 Tahun 2024 sebagai perubahan dari UU Desa Nomor 6 Tahun 2006 tentang penambahan masa Jabatan Kepala Desa. (Brosan)