Daerah  

Satgas ARC Bersama Sudinkes Jaksel Gelar Vaksinasi Gelombang Dua

Jakarta, (BERITASATOE.COM) – Satuan Tugas (Satgas) ABI Responsif Covid (ARC) bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan, Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dan Islamic Cultural Center (ICC) Jakarta, kembali menggelar Program Vaksinasi Gelombang II se-Jabodetabek dengan mengusung tema “Menuju Indonesia Sehat, Indonesia Kuat” yang bertempat di Gedung ICC Jakarta, bilangan Warung Buncit Jakarta Selatan, pada Sabtu (02/10/21).

ABI Responsif Covid (ARC) sendiri merupakan organisasi bentukan ABI Responsif yang merupakan salah satu lembaga otonom dari ormas Islam AHLUL BAIT INDONESIA (ABI) dan bergerak khusus mendukung program vaksinasi yang digalakkan pemerintah guna berperan aktif dalam meminimalisir dampak wabah corona sekaligus menekan laju penularannya.

Sebelum acara, ARC sudah lebih dulu melakukan edukasi, pendampingan dan pemenuhan kebutuhan pasien covid-19. Pendampingan pada pasien tersebut meliputi pemberian informasi langkah penanganan awal bagi yang tidak cukup mampu mengakses layanan kesehatan dengan baik, sedangkan pemenuhan kebutuhan bagi pasien meliputi bantuan obat-obatan yang mulai langka di pasaran, penyediaan tabung oksigen, kebutuhan makanan harian, konsultasi dokter 24 jam hingga perujukan pasien ke rumah sakit.

“ARC Jabodetabek berhasil menyelenggarakan kegiatan vaksinasi COVID-19 di Islamic Cultural Center (ICC) dengan target 500 orang,” ujar Koordinator kegiatan vaksin, Mujib Munawan di ICC, Jakarta Selatan, Sabtu (2/10).

Terpantau di lokasi acara, ratusan peserta vaksinasi tampak antusias dan sumringah. Pasalnya, selain mendapatkan jatah vaksin gratis dan konsumsi berupa kue-kue dan minuman sambil menunggu antrian, usai mengikuti vaksin, mereka juga dikejutkan dengan pembagian 450 paket sembako dukungan dari Halo Puan, sebuah lembaga sosial milik Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, dan Ruko x Swosh Coffee.

Di samping dukungan dari Ruko x Swosh Coffee, ARC juga memperoleh bantuan vaksinator yang berasal dari Epidemic Control (EpiC) theUnited States Agency for International Development (USAID) dan menyuntikkan dua jenis vaksin, yakni Pfizer dan Sinovac.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan pikiran, tenaga, dan tak sedikit di antara teman-teman menyumbang dananya dalam menyukseskan terlaksananya kegiatan vaksinasi COVID-19,” ungkap Mujib.

Dalam acara tersebut, ABI Responsif Covid tercatat berhasil memvaksinasi 476 orang, terdiri atas 230 peserta vaksin dosis pertama jenis Pfizer dan 246 peserta vaksin dosis kedua jenis Sinovac.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh panitia dan para pendukung acara.

Sebelumnya, pada Sabtu (31/7/21), ARC telah melaksanakan program vaksinasi massal pertama di Gedung ICC Jakarta yang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) DKI Jakarta. (Red)