Monitoring TBC Dari kemenkes di GOM Desa Waru

Parung, (BERITASATOE.COM) – Upaya pemerintah dalam mengatasi penyakit Tuberkulosis (TBC) agar masyarakat atau bangsa Indonesia khususnya  terbebas dari penyakit  yang sangat mengerikan ini maka tindakan dari Kemenkes Republik INDONESIA terus berpacu dalam menangani TBC ini secara serius.

Seperti halnya yang dilakukan di Gelanggang Olahraga Mini (GOM) Desa Waru, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor belum lama ini. Hasil monitoring dari puskesmas setempat ditindaklanjuti kemenkes bahwa ditemukan beberapa orang yang di curigai mengidap penyakit’ berbahaya, melalui diagnosa dan Screening Rontgen yang dilakukan oleh para nakes memang ada beberapa orang warga yang di curigai memiliki gejala penyakit paru paru (diduga TBC).

Tuberkulosis yang juga di kenal dengan TBC adalah penyakit paru-paru akibat dari kuman mycobacterium tuberkulosis yang bisa menimbulkan gejala berupa batuk – batuk yang berlangsung lama, biasanya berdahak dan terkadang mengeluarkan darah. Tindakan pemerintah dalam hal ini Kemenkes terus berupaya mencari dan mendata penyakit TBC ini agar cepat teratasi dan tidak menjalar kemana mana.

Sulistyo Widada salah satu tenaga kesehatan dari Kemenkes di bagian Penyakit TBC atau paru paru saat di konfirmasi awak media mengatakan, kegiatan yang yang dilakukan ini merupakan salah satu usaha kemenkes untuk mencapai eliminasi TBC ( tuberkulosis)di tahun 2030 sesuai peraturan presiden no 67 tahun 2021 tentang penanggulangan TBC.

” Kegiatan ini bertujuan agar kita dapat menemukan secara dini, dan dengan ditemukan adanya penyakit TBC ini maka pemerintah akan segera mengupayakan untuk segera di obati,” tukasnya. (Rml/Red)