Realisasi Samisade Nyebrang Tahun, Ini Alasan Kasie Ekbang Kecamatan Bojonggede

Bogor, (BERITASATOE.COM) – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang merupakan program Bupati Bogor Ade Yasin di Desa Bojong Baru, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, pada kegiatan realisasi atau pelaksanaan pekerjaannya sudah melewati batas waktu atau nyebrang tahun dari Tahun 2021 ke Tahun 2022.

Pasalnya pekerjaan betonisasi jalan desa dengan Volume 609 M3 di Kampung Pondok Manggis RT 01/03 dengan anggaran 1 miliar itu baru dilaksanakan pada awal tahun 2022 ini.

Hal ini tentu patut dipertanyakan terkait bagaimana laporan pertanggungjawabannya (LPJ) nya.

Kasi Ekbang Kecamatan Bojonggede Tini saat dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan, “Program Samisade Desa Bojong Baru LPJ nya sudah masuk ke kami, eh mohon maaf pak belom masuk laporannya,” terang Tini dengan gugup saat menanggapi, Selasa (04/01/2022).

Lebih jelasnya menurut Tini, terkait program Samisade di Desa Bojong Baru, pencairan anggaran di tahap pertama baru pada Bulan Desember di minggu ketiga dan tahap dua di Minggu ke empat, Jelas Tini.

“Kalau yang saya tau seminggu setelah pencairan mereka harus melaksanakan pekerjaan,” katanya lagi.

Tini juga menyampaikan, memang untuk pencairan tahap keduanya segera mungkin, dari Desa memohon kepada kami, karena sudah di tunggu dengan BPKAD untuk pencairan terakhir, itu harus masuk proposalnya pada tanggal 15 Desember di rekap, nah padahal pelaksanaan pekerjaan belum seratus persen.

“Memang secara progres belom seratus persen untuk tahap satu, tapi karena diminta, dan saya musyawarahkan dulu sama Sekcam,” Ucap kasi Ekbang itu.

Lebih lanjut Tini yang baru 6 Bulan menjabat Kasi Ekbang mengatakan, kalau untuk kesalahan secara administrasi hanya sebatas teguran saja, tukasnya. (Wan)