Lulusan SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Berlabel Kompeten Setara Dengan Mahasiswa

Sebanyak 368 Lulusan SMK Citra Pariwisata Bersertifikat BNSP

BOGOR, (BS) – SMK Citra Pariwisata Kota Bogor mengadakan Uji Kompetensi Keahlian bersama Lembaga Sertifikasi Profesi atau LSP dari tanggal 27 Mei sampai 4 Juni 2022 dengan jumlah Asesi atau peserta 310 orang dari kompetensi keahlian perhotelan dan 58 orang dari kompetensi keahlian Multimedia.

Kepala Sekolah SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Sonny Arfan ST mengatakan, Uji Kompetensi Keahlian bagi lulusan kami tahun ini menggunakan skema okupasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar kompetensi lulusan diakui secara nasional dan bahkan tingkat ASEAN, sebutnya.

Dan kegiatan ini menjadi feedback dan input bagi kami sebagai lembaga pendidikan, dimana standarisasi kompetensi yang ada di negara kita berkembang dari KKNI menjadi ASEAN Toolboxes.  “Insyaallah SMK Citra Pariwisata bisa menjadi pencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja. ” Ujarnya

Tambah Sonny, tahun ini kami memiliki Ruang Praktik Siswa (RPS) dari program SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 dari Kemendikbudristek yang diberikan lisensi Tempat Uji Kompetensi (TUK). Sehingga kami percaya diri untuk bekerjasama dengan 3 LSP dengan kualifikasi P3 Industri yaitu LSP Pariwisata Nusantara dan LSP Mutu Pesona Wisata untuk kompetensi perhotelan dengan skema okupasi housekeeping yaitu room attendant dan public area, kemudian food and beverage dengan skema okupasi adalah waiters.

“Untuk front office skema okupasinya adalah receptionist dan porter. Serta kami juga bekerjasama dengan LSP Teknologi Digital Undonesia untuk kompetensi multimedia dengan skema okupasi content creator,” kata Sony.

Sementara itu Ketua LSP Pariwisata Nusantara Diyan Putranto, SE MM menyampaikan, “Ini suatu kegiatan yang merupakan suatu keharusan untuk peningkatan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi. Dan ini sejalan sesuai visi misi SMK Citra Pariwisata dimana menghasilkan SDM yang berkualitas dan mempunyai kompetensi. Dan ini merupakan program pemerintah,” terangnya.

Lanjutnya, kita bisa lihat, bahwa tidak hanya skill dan knowledge, tapi kita juga memperhatikan etika atau sikap kerja dari SDM yang dihasilkan disini, kata Dia.

Lanjut Diyan, peningkatan ini SDM sendiri tidak hanya untuk SMK, akan tetapi juga Industri. Hal itu merupakan program pemerintah dalam peningkatan SDM. “Dengan program sertifikasi ini lulusan SMK Citra Pariwisata tahun ini berlabel kompeten setara dengan mahasiswa.” ungkapnya.