Daerah  

Warga Tarikolot Cimande Bangun Jalan Dengan Cara Swadaya

BOGOR, (BS) – Tak mau hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah, warga Kampung Tarikolot, Desa Cimande Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, membangun jalan secara swadaya mandiri.

Menurut Sys Wahyudi, salah satu Tokoh masyarakat setempat, pembangunan jalan yang berlokasi di Kampung Tarikolot RT 08 RW 03 itu digagas oleh masyarakat setempat, setelah melalui musyawarah lingkungan.

“Pertimbangan kami, khususnya warga Tarikolot, pembangunan jalan ini nantinya difungsikan untuk jalan lingkar luar terutama saat digelar tradisi tahunan ziarah akbar Ngabungbang tiap tanggal 14 Maulid. Sebelumnya kami bermusyawarah dengan warga dan semua sepakat untuk berswadaya membangun jalan ini”, papar Tokoh Kasepuhan, Tarikolot yang akrab disapa Kang Encis itu, Selasa (12/07/2022) di lokasi kegiatan.

Lebih lanjut Kang Encis menjelaskan, volume jalan itu panjangnya mencapai sekitar 2 kilo meter, rencananya akan dibangun dengan lebar 3 meter. Mulai dari Tarikolot Desa Cimande Jaya tembus ke Pasir Tengah Desa Pancawati.

“Saat ini kami sedang membangun turap penahan tanah, saluran drainase, dan pengerasan jalan sepanjang 300 meter. Alhamdulillah respon masyarakat disini sangat baik, para pemilik tanah dengan sukarela menghibahkan tanahnya untuk perluasan jalan, ditambah yang menyumbangkan dana maupun bahan material serta tenaganya”, tambahnya.

Menutup pembicaraan, Kang Encis yang juga selaku ketua Pusat Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC) itu mengatakan, ketika jalan itu sudah terbangun, maka arus lalu lintas khususnya para peziarah Ngabungbang akan lebih lancar. Selain itu akan bermanfaat juga bagi kelancaran mobilitas kegiatan masyarakat.