Ketua Karang Taruna Desa Jabon Mekar Apresiasinya Terbentuknya Kelompok Tani Tanaman Hias Tunas Mekar 

BOGOR, (BS) – Ketua Karang Taruna Desa Jabon Mekar Ruby Falahadi,SH, mengapresiasi terbentuknya himpunan tani di wilayah Desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikannya usai acara pembentukan kelompok tananan hias se-Desa Jabon Mekar yang dilaksanakan di Jalan. Tunas Mekar Kampung Jabon Mekar Rt. 003/Rw. 05 Desa Jabon Mekar, Kamis 14 Juli 2022.

Baca juga: Sinergitas BPD dan Pemdes dalam membangun Desa di Kecamatan Parung

“Tumbuhan menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen inilah yang dapat digunakan bagi makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan. Selain itu, oksigen juga membuat udara lebih segar dan iklim tetap terjaga dengan baik,” ungkap Ruby

“Intinya tumbuhan/pohon dan tanaman hias sangat penting bagi kesehatan. Untuk itu saya mengapresiasi terbentuknya Himpunan Kelompok Tani ini, semoga membawa manfaat dan kesejahteraan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Oji Syahputra S.Sos mewakili Camat Parung yang berhalangan hadir menuturkan, kalau tanaman hias ini sangat digemari masyarakat dari desa hingga kota. Mudah-mudahan dengan kegiatan petani tanaman hias bisa berkembang lagi.

” Kalau kelompok tani di kecamatan parung kan sudah banyak, tapi kelompok tani tanaman hias baru pertama ada di kecamatan parung yang berada di desa jabon mekar ini,” jelasnya.

Herman Sihite S.St, selaku Koordinator Badan Penyuluhan Pertanian Wilayah VIII Kecamatan Ciseeng  yang turut hadir juga memberikan apresiasi kepada 46 kelompok tani yang ada di Desa Jabon Mekar.

“Kelompok tani ini dikukuhkan dari dan untuk para petani tanaman hias. Untuk menghindar permasalahan maka dibentuk kelompok-kelompok. Tunas Mekar mudah-mudahan menjadi tunas di Desa Jabon Mekar.” Ungkapnya.

Nantinya lanjut Herman, berita acara pembentukan dibuat dan ditandatangani oleh Kepala Desa dan juga penyuluh pertanian serta para pengurus kelompok tani dan anggotanya. Lalu penyuluhnya akan mendaftarkan kelompok tani
ke Sistem Penyuluhan Pertanian, dan akan tercatat di Kementerian Pertanian. tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Desa Jabon Mekar Ina Yuliana beserta jajarannya,  Babinsa Serma Juwari, Ketua BPD Desa Jabon Mekar Tri Suryanto, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan para petani tanaman hias.

Acara ditutup dengan membentuk susunan pengurus Kelompok Tani Tanaman Hias Tunas Mekar Desa Jabon Mekar, disusul dengan pengguntingan pita dan pembacaan do’a serta ramah tamah.