Pengguna Jalan Keluhkan Truk Yang Kerap Parkir di Bahu Jalan Jembatan Cimande 

Bikin Macet, Penyempitan Jalan dan Kerap Picu Laka - Lantas

BOGOR, (BS) – Para pengguna jalan yang melintas di jalur jembatan Cimande, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, mengeluh dengan keberadaan armada truk ekspedisi yang diduga kendaraan pengangkut produk PT Mayora Tirta Freshindo Jaya, yang hampir setiap hari parkir di kiri – kanan bahu jalan sebelum hingga diatas jembatan Cimande.

Kondisi itu mengakibatkan ruas jalan di jalur itu jadi menyempit hingga memicu kemacetan. Bahkan tak jarang menimbulkan kecelakaan lalu – lintas.

“Ya, keberadaan truk – truk box yang parkir disepanjang jalan mulai dari lewat gang sampai jembatan Cimande baik di jalur kiri – maupun kanan sangat mengganggu kami sebagai pengguna jalan. Karena jalur yang seharusnya muat untuk empat jalur di kedua arah itu jadi sempit dengan keberadaan armada tersebut”, keluh Dony Danial, salah satu pengendara roda empat yang sering melintas di jalur itu.

Saat beritasatoe.com menanyai para sopir truk di sebuah warung di sebrang gerbang PT Tirta Freshindo Jaya (Mayora Group) Ciherang, mereka mengaku sedang menunggu antrian untuk mengangkut produk PT Mayora. Ketika ditanya soal keberadaan truk yang diparkir dibahu jalan, mereka mengaku sudah biasa.

“Ya sambil nunggu antrian, kami biasa parkir trik kami di bahu jalan. Selama ini gak ada maslaah koq. Dan kami beristirahat di warung ini”, ujar salah satu sopir truk ekspedisi yang enggan menyebutkan identitasnya, Selasa (09/08/2022).

Menyikapi hal tersebut, Industri Relation General Affair (IRGA) PT Tirta Fresindo Jaya Woko Wahtoto, ketika dikonfirmasi beritasatoe.com melalui pesan singkat WhatsAppnya menyangkal bahwa armada itu bukan milik perusahaanya atau vendor transportasinya.

“Saya infokan ya pak. Truk truk itu bukan milik PT Tirta fresindo Jaya, dan juga bukan vendor transportasi kami. Itu adalah truk yang tidak jelas tujuan dan punya siapa.” Ungkapnya.

” Perlu bapak ketahui bahwa kami punya pabrik di tiga lokasi. Di Cimande kami punya tempat parkir muat 150 truk, lokasinya di belakang eks pom bensin. Bapak bisa lihat dari exit tol Caringin juga kelihatan,” jelasnya.

Lanjut Dia, ” Di Ciherang samping jembatan kapasitas parkir kami 135 truk. Terus pabrik di Desa Muara Jaya kapasitas parkirnya bisa menampung 250 truk. Jadi tidak mungkin truk kami parkir di sembarang badan jalan. Silahkan pihak berwenang mengusir saja. Saya tegaskan itu bukan truk punya PT Tirta fresindo. Demikian info dari kami sekian dan terimakasih”, kilah Woko.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp menyatakan akan segera melakukan pengecekan atas informasi tersebut.

“Akan segera saya cek ya mas”, Tandas Kasat Lantas.