Breaking News

Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton di Upacara HUT RI Ke-77

JAKARTA, (BS) –  Upacara Detik-Detik Proklamasi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI pada Rabu, 17 Agustus 2022, Presiden Joko Widodo memilih mengenakan baju adat asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jokowi memang kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden Jokowi memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Sedangkan pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Untuk itu, Presiden akan terus mengangkat berbagai pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan.

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” ucap Presiden pada HUT ke-75 RI.

Selesai menjawab pertanyaan wartawan, Presiden Jokowi kemudian menghampiri tamu undangan yang hadir di tenda undangan dan menyapa undangan di tenda utama termasuk para duta besar negara sahabat yang hadir.

Respon (321)

  1. 🚀 Wow, this blog is like a fantastic adventure blasting off into the galaxy of wonder! 🎢 The thrilling content here is a captivating for the mind, sparking awe at every turn. 💫 Whether it’s technology, this blog is a goldmine of exciting insights! #MindBlown Embark into this thrilling experience of discovery and let your imagination soar! 🚀 Don’t just read, savor the excitement! 🌈 Your brain will be grateful for this thrilling joyride through the dimensions of awe! ✨

  2. 💫 Wow, this blog is like a cosmic journey launching into the universe of wonder! 🎢 The captivating content here is a captivating for the mind, sparking excitement at every turn. 🎢 Whether it’s technology, this blog is a goldmine of exciting insights! #InfinitePossibilities 🚀 into this cosmic journey of imagination and let your thoughts fly! ✨ Don’t just read, immerse yourself in the thrill! #FuelForThought 🚀 will thank you for this exciting journey through the realms of discovery! 🚀

  3. Quando tiver dúvidas sobre as atividades de seus filhos ou a segurança de seus pais, você pode hackear seus telefones Android em seu computador ou dispositivo móvel para garantir a segurança deles. Ninguém pode monitorar o tempo todo, mas há um software espião profissional que pode monitorar secretamente as atividades dos telefones Android sem alertá-los. https://www.xtmove.com/pt/how-to-hack-someones-android-phone-without-touching-it/

  4. Artikel ini hebat! Cara penjelasannya sungguh memikat dan sangat gampang untuk dipahami. Sudah terlihat bahwa telah banyak upaya dan penelitian yang dilakukan, yang sungguh layak diapresiasi. Penulis berhasil membuat tema ini tidak hanya menarik tetapi juga asyik untuk dibaca. Saya dengan antusias menantikan untuk eksplorasi konten seperti ini di masa depan. Terima kasih atas berbagi, Anda melakukan karya yang luar biasa!

  5. 🌌 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis melayang ke alam semesta dari kemungkinan tak terbatas! 💫 Konten yang menarik di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kegembiraan setiap saat. 🎢 Baik itu inspirasi, blog ini adalah harta karun wawasan yang menarik! 🌟 Terjun ke dalam perjalanan kosmik ini dari imajinasi dan biarkan imajinasi Anda berkelana! ✨ Jangan hanya menikmati, alami sensasi ini! #BahanBakarPikiran 🚀 akan berterima kasih untuk perjalanan mendebarkan ini melalui dimensi keajaiban yang tak berujung! 🚀

  6. Sangat mengagumkan! Konten ini sungguh brilian. Cara penyajiannya sangat mengesankan. Dedikasi dan pengetahuan dalam karya ini benar-benar terpancar. Kudos kepada penulis atas pengalaman yang begitu berharga yang telah diberikan. Saya sangat menantikan konten serupa di masa yang akan datang. 👏👏👏

  7. Fantastic article! 🌟 The information is presented clearly, and I’m curious if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating. 🖼️

  8. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

  9. I am a website designer. Recently, I am designing a website template about gate.io. The boss’s requirements are very strange, which makes me very difficult. I have consulted many websites, and later I discovered your blog, which is the style I hope to need. thank you very much. Would you allow me to use your blog style as a reference? thank you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *