Dana BHPRD Desa Cilebut Timur Hilang Rp251 Juta, Bappenda Tidak Ada Solusi

BOGOR, (BS) – Kepala Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Muchtar Kelana mengeluhkan anggaran Bagian Hasil Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah  (BHPRD) yang diterima Pemerintahan Desanya hilang hingga Rp.251 juta pada pencairan tahap kedua tahun 2022 ini.

Akibatnya, dirinya mengaku kewalahan dan harus mengeluarkan dana pribadi untuk keperluan membayar Penghasilan Tetap (Siltap) para aparatur/staf desa dan untuk kegiatan-kegiatan desa yang sudah direncanakan.

” Penghasilan desa Cilebut Timur dari BHPRD tahun ini hilang atau berkurang drastis. Di tahap pertama kami masih terima sebesar Rp.663 juta an. Nah sekarang kami hanya menerima sebesar Rp.411 juta lagi, jadi ada sekitar Rp. 251 juta yang hilang,” terang Muchtar.

Terkait hal tersebut kata Muchtar,  sudah disampaikan (di komplain) ke pihak Bappenda Kabupaten Bogor. Bappenda mengatakan bahwa ada kesalahan dalam penghitungan tapi tidak memberikan solusi atas berkurangnya nominal BHPRD yang hilang atau berkurang tersebut.

” Sudah kami sampaikan keberatan kami terkait hal itu. Tapi pihak Bappenda tidak memberikan solusi apapun.” Ungkapnya.

Sementara kami (pemdes-red) lanjut Muchtar, mengandalkan dana tersebut untuk menggaji staf desa, untuk PKK, Kader Posyandu dan lainnya termasuk kegiatan desa yang sudah direncanakan jauh-jauh hari, keluhnya.

Kami berharap Pemda Kabupaten Bogor merespon keluhan ini dan Bappenda segera melakukan penghitungan ulang terkait bagi hasil retribusi pajak yang harus kami terima.

” Dengan hilangnya hampir 30 persen penghasilan BHPRD itu sangat menggangu kinerja pemerintahan desa. Selaku kades kami sangat keberatan dengan kejadian ini. Staf kami yang biasanya setiap bulan menerima insentif Rp. 1.500, 000,- an, harus berkurang jadi Rp. 1.300.000, kan kasihan mereka,” ungkapnya.

Selain itu juga kami jadi bingung  bagaimana menjalankan program desa yang sudah direncanakan jika anggarannya tidak ada. Bagaimana kami harus pertanggung jawabkan hal ini ke warga kami, keluh Muchtar.

” Sekali lagi kami berharap, Bupati Bogor secepatnya menindaklanjuti hal ini. Dan kepada Bappenda agar segera melakukan penghitungan ulang dan memberikan sisa dana BHPRD desa kami yang hilang atau berkurang tersebut,” pinta Muchtar.

Respon (744)

  1. 🌌 Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik meluncurkan ke galaksi dari kegembiraan! 🎢 Konten yang menarik di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kagum setiap saat. 🌟 Baik itu teknologi, blog ini adalah harta karun wawasan yang inspiratif! 🌟 Terjun ke dalam pengalaman menegangkan ini dari pengetahuan dan biarkan pemikiran Anda berkelana! 🌈 Jangan hanya menikmati, alami sensasi ini! #BahanBakarPikiran Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui dimensi keajaiban yang menakjubkan! 🌍

  2. This article is incredible! The way it describes things is absolutely engaging and incredibly simple to follow. It’s clear that a lot of effort and investigation went into this, which is truly impressive. The author has managed to make the topic not only interesting but also delightful to read. I’m wholeheartedly excited about exploring more material like this in the forthcoming. Thanks for sharing, you’re doing an remarkable job!

  3. Well done! 👏 Your article is both informative and well-structured. How about adding more visuals in your upcoming pieces? It could enhance the overall reader experience. 🖼️

  4. После недоразумения с подругой решил принести извинения с помощью яркого букета. “Цветов.ру” оказался моим надежным союзником – быстро, красиво, и главное, с душой. Цветы стали настоящим мостом к миру гармонии и понимания. Советую! Вот ссылка https://net-wizards.ru/kirov/ – доставка букетов

  5. Enjoyed the article. Consider adding more visual aids like images or charts, and take a look at my website for potential ideas.

  6. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *