Publikasi Kinerja Inspektorat Kabupaten Bogor Tahun 2022

Drs.Ade Jaya Munadi, SH.MH Inspektur Kabupaten Bogor

Kegiatan Pengawasan Inspektorat Kabupaten Bogor Tahun 2022

BERITASATOE.COM,- Inspektorat merupakan unsur pengawas penyelenggaraan Pemerintah Daerah, dipimpin oleh seorang Inspektur yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 57 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat, Tugas Pokok Inspektorat Kabupaten Bogor sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Bogor Nomor 28 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Bogor Nomor 57 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat, Tugas Pokok Inspektorat Kabupaten Bogor.

Tugas Pokok Inspektorat adalah membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi Kewenangan Daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah dan Pemerintahan Desa.

Mandat yang diberikan kepada Inspektorat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah tugas Inspektorat adalah audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya. Pengawasan lainnya yang dimaksud adalah pendampingan, fasilitatif, dan pelatihan.

Disamping itu Inspektorat juga melaksanakan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan dari Bupati dan/atau Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat, penyusunan laporan hasil pengawasan, pelaksanaan koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi, pengawasan pelaksanaan program reformasi birokrasi, pelaksanaan administrasi Inspektorat, kerjasama pelaksanaan pengawasan dengan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) lainnya dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk mengemban tugas pokok dan fungsi tersebut dilaksanakan oleh 91 personil yang terdiri dari 10 orang Pejabat Struktural, 62 orang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan 19 orang Fungsional Umum. APIP sendiri terdiri dari 43 (empat puluh tiga) orang Auditor dan 19 orang Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (PPUPD).

Mungkin bagi sebagian orang, belum banyak yang tahu apa itu Auditor dan PPUPD. Auditor adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengawasan intern pada pemerintah daerah.

Sedangkan PPUPD adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengawasan atas penyelenggaraan teknis urusan pemerintah daerah, di luar pengawasan keuangan.

Jadi dalam melaksanakan pengawasan, APIP harus mengevaluasi rancangan, implementasi dan efektivitas kegiatan, program, dan tujuan yang berkaitan dengan etika organisasi. Itu yang menyebabkan sebagian orang resah apabila mendengar kata Auditor dan PPUPD.

Dalam mendukung pelaksanaan pengawasan, didukung juga oleh Sekretariat yang melayani seluruh kebutuhan administrasi dan operasional pada masing-masing Inspektur Pembantu. Pembagian wilayah kerja tersebut tercantum dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 57 Tahun 2022 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Bogor Nomor 28 Tahun 2022 .

Untuk menjangkau obyek pemeriksaan (Perangkat Daerah, BLUD, BUMD, Desa, Sekolah), pengorganisasian Inspektorat dibagi ke dalam 4 wilayah kerja Inspektur Pembantu I hingga Inspektur Pembantu IV. Disamping itu, terdapat Inspektur Pembantu V yang menangani pengaduan masyarakat dan audit investigatif serta koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi dan pengawasan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Kegiatan Pengawasan Inspektorat Kabupaten Bogor Selama Tahun 2022

Pada Tahun 2022, Audit yang dilakukan Inspektorat sebanyak 691 aktifitas meliputi audit kinerja dan ketaatan pada Perangkat Daerah, BLUD, dan Pemerintah Desa. Khusus audit kepada pemerintahan desa, Inspektorat melakukan audit SAMISADE (Satu Milyar Satu Desa) di seluruh desa pada Kabupaten Bogor.

Kemudian selain melakukan audit, Inspektorat juga melakukan Review. Yang dimaksud dengan Review adalah penelaahan ulang bukti-bukti suatu kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan.

Review yang dilakukan secara garis besar berdasarkan mandatory dari Pemerintah Pusat, diantaranya Program Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Kopsurgah KPK, BPKP, Inspektorat Jenderal Kemendagri, Inspektorat Jenderal Kemendikbud, dll. Pada Tahun 2022 ini, jumlah reviu yang dilaksanakan sejumlah 22 aktifitas, antara lain Review Manajemen ASN, Review Perizinan, Review Tata Kelola Perizinan, Review Tata Kelola PBJ, Review P3DN, dan lain-lain.

Disamping itu, Inspektorat juga melakukan monitoring dan evaluasi. Terkadang Pengertian monitoring dan evaluasi banyak yang mengartikan kedua kegiatan tersebut adalah hal yang sama. Namun menurut Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI), monitoring adalah proses penilaian kemajuan suatu program/ kegiatan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan evaluasi adalah rangkaian kegiatan membandingkan hasil/prestasi suatu kegiatan dengan standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan, dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan.

Pada Tahun 2022, monitoring yang dilaksanakan Inspektorat sebanyak 6 aktifitas, antara lain monitoring Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, TLHP APIP lainnya, monitoring inflasi daerah serta monitoring Vaksinasi Covid-19. Sedangkan Evaluasi yang dilaksanakan Inspektorat sebanyak 6 aktifitas, antara lain Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi, Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), dan Whistle Blowing System.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, disebut juga bahwa Inspektorat melakukan pengawasan lainnya seperti pendampingan, fasilitatif, dan pelatihan.

Jenis pendampingan yang dilaksanakan Inspektorat selama tahun 2022 sebanyak 4 aktifitas, antara lain pemberian saran pemecahan masalah pada proyek-proyek yang berisiko tinggi dan pemberian saran pada aktifitas manajemen risiko.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan fasilitasi yang telah dilaksanakan oleh Inspektorat sebanyak 12 aktifitas, antara lain fasilitasi Tim BPK RI, Tim BPKP, dan Hibah Saber Pungli.

Segala jenis aktifitas pengawasan yang dilaksanakan oleh Inspektorat, didukung dengan pengembangan kompetensi meliputi pelatihan yang diikuti oleh APIP. Selama Tahun 2022, pelatihan yang diikuti oleh APIP diantaranya yaitu Pelatihan Manajemen Pengawasan, Review Laporan Keuangan, Review RKA, Pengelolaan Keuangan Desa, Audit Badan Usaha Milik Daerah, Audit atas Pendapatan Asli Daerah, Digital Forensic,Penulisan Laporan Hasil Audit Intern, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan 21 orang APIP untuk mengikuti Sertifikasi Certified Risk Management Officer(CRMO).

Harapannya dengan adanya berbagai macam pengembangan kompetensi, kualitas kinerja APIP menjadi meningkat dan hasil pelaporan pengawasan intern yang dihasilkan lebih berkualitas.

Respon (106)

  1. Ping-balik: ice casino
  2. Hiya very cool website!! Guy .. Beautiful ..
    Amazing .. I will bookmark your website and take the feeds also?
    I’m happy to seek out numerous useful info right here within the post,
    we want develop more strategies in this regard,
    thank you for sharing. . . . . .

  3. Can I simply just say what a relief to discover a person that really knows what they are
    discussing on the web. You definitely understand how to bring an issue to light and make
    it important. More people really need to check this out and understand this side of your
    story. It’s surprising you’re not more popular because you most certainly
    possess the gift.

  4. Greetings from Los angeles! I’m bored at work so I decided
    to browse your website on my iphone during lunch break.
    I enjoy the knowledge you provide here and can’t wait to take a look
    when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, awesome site!

  5. We are a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community.
    Your site offered us with helpful info to work on. You have done an impressive task and our
    entire community will likely be thankful to you.

  6. Hi there I am so excited I found your blog, I really
    found you by accident, while I was searching on Aol for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thank you for a incredible post and a all round thrilling blog (I
    also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked
    it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be
    back to read much more, Please do keep up the superb work.

  7. I was wondering if you ever considered changing the structure of your website?
    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content
    so people could connect with it better. Youve got an awful lot of
    text for only having 1 or two images. Maybe you could space it out better?

  8. Greetings from Ohio! I’m bored to death at work so I decided to browse your blog on my iphone
    during lunch break. I really like the information you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how quick your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways,
    good site!

  9. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank
    for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    success. If you know of any please share.
    Cheers!

  10. Have you ever thought about adding a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is important and everything.
    But just imagine if you added some great images
    or video clips to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and clips,
    this website could undeniably be one of the greatest in its niche.
    Great blog!

  11. I believe what you posted made a great deal of sense. However, think about this, what
    if you were to create a killer headline? I mean, I don’t want to tell you how to
    run your website, however suppose you added something that grabbed folk’s attention? I mean Publikasi Kinerja Inspektorat Kabupaten Bogor Tahun 2022 – beritasatoe.com is a little boring.
    You ought to look at Yahoo’s front page and see how they create
    article titles to grab people interested. You might add a video or a pic or two
    to get people interested about what you’ve written. Just my opinion, it could make your posts a little livelier.

  12. Heya! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few months of hard work due to no data
    backup. Do you have any solutions to stop hackers?

  13. Definitely believe that which you stated. Your favorite justification appeared
    to be on the net the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get annoyed while people consider worries that they plainly don’t know about.
    You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people could take a signal.
    Will likely be back to get more. Thanks

  14. This is really interesting, You’re a very skilled blogger.
    I have joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post.
    Also, I have shared your web site in my social networks!

  15. Can I just say what a relief to uncover someone that really
    understands what they’re discussing over the internet. You actually know how to bring an issue to light and make it important.
    More people should check this out and understand this
    side of your story. I was surprised that you are not more popular because you definitely possess the gift.

  16. Ping-balik: Crocs PALLETS
  17. Can I just say what a comfort to discover someone who genuinely knows what they are discussing on the web.
    You certainly know how to bring an issue to light and
    make it important. A lot more people need to check this out and understand this side of
    your story. I was surprised that you’re not more
    popular since you certainly possess the gift.

  18. Ping-balik: site
  19. Ping-balik: Relax Gaming
  20. Right here is the right blog for anybody who wishes
    to find out about this topic. You understand a whole lot its almost hard to argue with you (not that I
    personally would want to…HaHa). You definitely put a new spin on a
    topic which has been discussed for years.
    Great stuff, just wonderful!

  21. certainly like your website however you have to test the spelling on several of your posts.
    Several of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to inform
    the reality however I’ll definitely come again again.

  22. Hello there! I could have sworn I’ve visited this web site before but after looking at some of the articles I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m definitely pleased I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back often!

  23. Hi, I do think this is a great website. I stumbledupon it 😉 I may revisit yet again since i have book marked
    it. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and continue to help others.

  24. Very good blog you have here but I was curious about
    if you knew of any message boards that cover the
    same topics discussed here? I’d really love to be a part of community where
    I can get feedback from other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know.
    Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *