Daerah  

Publikasi Kegiatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

BOGOR, (BS) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor yang bertanggung jawab untuk membantu Bupat iBogor dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang PekerjaanUmum dan Penataan Ruang serta tugas pembantuan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatannya, Dinas PUPR berupaya secara optimal dalam mengatasi permasalahan-permasalahan infrastruktur yang ada di Kabupaten Bogor. Permasalahan tersebut terdiri dari permasalahan infrastruktur Jalan, Jembatan, Irigasi, Sanitasi, Jasa Konstruksi hingga perbantuan penanggulangan bencana alam.

Di Bidang Penyehatan Lingkungan, dalam rangka menyediakan air bersih yang layak konsumsi bagi masyarakat, Dinas PUPR telah melaksanakan pembangunan Sarana dan Prasarana Penyediaan Air Minum (SPAM)/Water Treatment Plan (WTP)di Kecamatan Tenjo. Begitupula dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana sanitasi lingkungan. Dinas PUPR telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi IPAL Komunal skala permukiman pada beberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor. Pembangunan tangki septic skala individual pedesaan guna menurunkan tingkat stunting pada anak-anak wilayah pedesaan serta pelayanan penyedotan lumpur tinja guna menjaga kesehatan masyarakat dan menjaga kebersihan lingkungan juga telah dilaksanakan oleh Dinas PUPR.

Sepanjangtahun 2022, Dinas PUPR telah membangun infrastruktur air minum yang terdiri atas 865 SR dan perbaikan SPAM pada 1250 SR. Sedangkan capaian pada bidang Infrastruktur air limbah adalah pembangunan SPALD sebanyak 2055 SR serta rehabilitasi dan peningkatan SPALD pada 120 SR.

Sebagai upaya dalam penanganan dan pencegahan bencana banjir pada beberapa wilayah di Kabupaten Bogor, Dinas PUPR telah melaksanakan pembangunan drainase vertical pada 326 titik, pembangunan 10 unit rumah pompa dan 7112 meter pembangunan drainase horizontal.

Photo. SPAM/Pembanguna Ipal Komunal

 

 Drainase Lingkungan
Photo. Kegiatan Drainase Lingkungan

Di Bidang Irigasi dan Sumber Daya Air, Dinas PUPR  telah melaksanakan 30 unit peningkatan dan rehab Bendung, 7661 meter peningkatan dan rehab saluran, 1791 meter peningkatan TPT sungai, 2500 meter pembangunan TPT Sungai, 263 meter pemasangan bronjong dan 92256 meter pemeliharaan saluran dimana semua kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas irigasi yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Bogor.

 

Tembok Penahan Tanah
Photo. Kegiatan Tembok Penahan Tanah (TPT)

Disisi lain pembangunan jalan,pemeliharaan jalan dan pembangunan jembatan yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor pun kian digalakkan agar masyarakat dapat melintasi jalan dengan rasa aman dan nyaman. Dalam kurun waktu tahun 2022, Dinas PUPR berhasil menyelesaikan 4, 17 Km pembangunan jalan baru, 117, 85 Km rekonstruksi jalan dan 1568 Km pemeliharaan rutin jalan. Selain itu 8 unit pembangunan jembatan baru, 2871 meter pembuatan drainase/gorong-gorong dan 1658 meter dinding penahan tanah (DPT) juga berhasil direalisasikan pembangunannya.

jembatan
Photo Kegiatan Jembatan Cikaniki II

Kegiatan yang telah dilaksanakan Dinas PUPR pada kurun waktu 2022 tersebut dipersembahkan demi kenyamanan masyarakat Kabupaten Bogor dalam berkendara di jalan raya.

Dinas PUPR meminta maaf jika seluruh kinerja dan pencapaian kurun waktu 2022 belum bisa   memenuhi harapan seluruh warga Kabupaten Bogor. Insya Allah, dengan menguatkan    komitmen, kolaborasi, dan sinergi akan mampu menuntaskan beberapa pekerjaan rumah yang tersisa menuju Kabupaten Bogor sebagai city of sport and tourism. (Advertorial)