Breaking News

Diduga Banyak Siswa Titipan Pada PPDB SMKN 1 Cibinong, Ini Faktanya

BOGOR, (BS) – Pendaftaran Peserta Didik Baru tingkat SMA & SMK di Kabupaten Bogor telah resmi di tutup pada tanggal 04 Juli 2023 lalu dan hari ini 06 Juli 2023 dijadwalkan untuk pengumuman hasil PPDB tersebut.

Berkaca pada kejadian di Kota Bogor bahwa banyaknya dugaan indikasi kecurangan di PPDB,  hal itu seyogyanya menjadi perhatian serius bagi pihak sekolah dan instansi terkait (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat -red)

Kejadian indikasi kecurangan pada PPDB tingkat SMA/SMK seperti itu rupanya terjadi juga di Kabupaten Bogor. Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, di salah satu SMK Negeri di Cibinong juga ditemukan indikasi dugaan kecurangan atau praktek jual beli kursi.

“Anak saya daftarnya lewat jalur prestasi tapi gagal tidak lolos. Tapi berkat bantuan salah satu kenalan saya, hari ini saya disuruh datang dan temuin PY (inisial) Guru SMK ini,” ucap salah satu wali murid yang sempat diminta keterangannya di lokasi sekolah pada, Sabtu (15/7/23).

Lanjut Dia, agar anak atau calon siswa tersebut bisa diterima, oknum guru tersebut memintakan sejumlah uang.  “Saya diminta uang bernilai jutaan rupiah agar anak saya bisa diterima,” ungkap wali murid tersebut.

Menanggapi hal tersebut, awak media ini mencoba mengkonfirmasi kebenaran informasi itu ke pihak sekolah melalui Bidang Humasnya.

Yadi selaku Humas melalui pesan tertulisnya via WhatsApp menjawab, ” Saya tidak tau tentang hal itu, saya di PPDB bagian informasi. Informasi tentang PPDB Kebetulan kami SMKN 1 Cibinong ada 10 Konsentrasi keahlian, ini calon siswa harus tau supaya tidak salah pilihan,” tulis dia.

Saat ditanyakan lagi apakah ada atau tidaknya siswa yang tidak lolos tapi akhirnya bisa masuk dan diterima, Yadi bungkam tidak lagi menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara itu Sugiyo selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Cibinong yang juga dikonfirmasi terkait perihal yang sama, melalui pesan elektronik WhatsApp pribadinya menyampaikan untuk menghubungi PPID sekolah untuk data validnya.

“Waalaikum slm wrwb…Terima kasih telah berkontribusi mengawal PPDB khususnya di SMKN 1 Cibinong. Silahkan ke PPID utk mendapatkan informasi sebenarnya, agar valid,” singkatnya

Sampai berita ini dipublikasikan, Media ini masih terus mengupayakan untuk meminta keterangan dari pihak-pihak terkait termasuk kepada Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) wilayah 1 Kabupaten Bogor. (Sto)