Breaking News

PT.Antam Perharinya Olah 1000 Ton Batu Yang Mengandung Emas

BOGOR, (BS) – PT. Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor Bogor, mengaku jika dalam bisnisnya tersebut, hanya mampu menghasilkan emas murni sebanyak lima (5) kilogram saja perharinya.

Hal tersebut disampaikan CSR Manager PT Antam Tbk, UBPE Pongkor, Arif Rahman Saleh saat menerima kunjungan kerja Wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Bogor, Selasa 15 Agustus 2023.

” Dalam satu hari, kita mengolah batu yang memiliki kandungan emas itu mencapai 1000 ton. Yang mana dalam 1 ton batu tersebut hanya mampu menghasilkan emas sebanyak lima (5) gram emas,” ungkap Arif.

“Maka sambung Arif, kalau dikalkulasikan sehari, kita bisa menghasilkan emas murni kurang lebih 5000gram saja, bebernya.

Sementara itu, penanggungjawab pertambangan PT Antam Tbk, UBPE Pongkor, Edy Ayuba yang mengantarkan para anggota PWI Kabupaten Bogor ke lokasi lubang tambang emas menyebutkan jika rata-rata penghasilan dari perusahaan milik BUMN itu dalam sebulan jika dihitung secara umum dalam setahun mampu mendulang emas mulai dari 960 kilogram emas sampai (1) ton emas.

Gambar: Petugas dari PT Antam sedang menjelaskan terkait penambangan emas kepada para Wartawan Anggota PWI Kabupaten Bogor. (Atas). Contoh batuan yang memiliki kandungan emas. (Bawah). Photo: Santo

“Perkiraan dalam 1 tahun, rata-rata kita mampu menghasilkan 1000 kilogram emas Antam. Maka dari itu harga emas mahal,” ungkap dia.

Pria yang telah bekerja di PT. Antam Tbk, UBPE Pongkor sejak 1994 itu melanjutkan, untuk pekerja tambang emas sendiri ada dikisaran kurang lebih sebanyak 1300 pekerja.

“Untuk pekerja kita, kurang lebihnya terdiri dari 1300 orang yang dibagi dengan dua shift pekerja. Dengan produksi selama 24 jam penuh,” tukasnya.

Untuk diketahui pada kunker jajaran PWI Kabupaten Bogor yang dipimpin langsung oleh H. Subagiyo selaku Ketuanya tersebut diterima langsung oleh Arif Rahman Saleh selaku CSR Manager PT. Antam, TBK UPBE Pongkor.

Oleh pihak PT.Antam,  para Wartawan Anggota PWI Kabupaten Bogor diberikan kesempatan untuk melihat dan mengunjungi secara langsung proses penambangan emas hingga proses penyaringan dan pencucian emas murni, yang di produksi PT. Antam Tbk, UBPE Pongkor. (Sto)