Daffa : Alhamdulillah Berkat JKN-KIS Pengobatan Ayah Saya Terbantu

Cibinong, (BERITASATOE.COM) – Menghadapai masa pandemi Covid-19, seluruh masyarakat berlomba-lomba untuk tetap menjaga kesehatan tubuh mereka. Kesehatan merupakan anugerah, apabila kesehatan terganggu aktivitas juga menjadi terhambat.

Begitu juga yang dirasakan Putra Daffa Nafadhil (17) salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) warga Bojongsari yang merasakan manfaatnya. Ayahnya bernama Sarji memiliki pengalaman stroke dan dirawat inap hampir satu bulan lamanya di Rumah Sakit Fatmawati.

“Saat ayah saya membutuhkan pengobatan karena penyakit stroke kami sekeluarga sempat panik. Selain memikirkan kondisi ayah, kami juga memikirkan biaya yang harus dibayar karena kami tahu akan memakan biaya besar apalagi ayah saya lama dirawatnya hampir sebulan. Dokter menyarankan untuk menggunakan menggunakan jaminan kesehatan tapi karena kami gak merasa membayar setiap bulan jadi gak tahu kalau sudah terdaftar,” kata Daffa mengawali ceritanya, Jumat (19/02).

Namun, Daffa bersyukur karena kantor tempat ayahnya bekerja, sudah mendaftarkan ia sekeluarga sekeluarga sebagai peserta JKN-KIS dengan hak rawat inap kelas 1 (satu) yang iurannya dibayar otomatis dari gaji sang ayah.

Semenjak pengalaman tersebut, Daffa dan keluarga jika sakit sudah memanfaatkan JKN-KIS, karena pengalaman pelayanan yang baik dan administrasi yang mudah. Selain pengobatan stroke ayahnya, ia juga pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk dirinya yang sakit tifus.

“Awal 2020 bulan Februari saya sakit tifus lalu berobat ke Klinik Najwa Medika, walaupun gak dirawat inap tapi penanganannya sangat baik, saya dikasih obat dan disarankan untuk istirahat total di rumah. Tadinya mau dirawat inap tapi karena keadaan pandemi jadi lebih baik tidak ke rumah sakit namun tetap dipantau kondisi kesehatannya. Setelah itu kalau sakit panas atau radang gak ragu langsung ke Fasilitas Kesehatan (faskes) aja hanya bawa KTP/indentitas dan kartu JKN-KIS sudah bisa dilayani,” tambah Daffa.

Daffa terkesima dan menganggap kartu JKN-KIS tersebut ajaib karena hanya dengan menggunakan kartu tersebut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes yang terdaftar. Ia juga mengungkapkan bersyukurnya sudah terdaftar sebagai peserta aktif Program JKN-KIS, jadi saat keadaan genting tidak khawatirkan biaya pengobatan. Ucapan terima kasih terlontarkan pada Program JKN-KIS karena sudah menjamin penuh pengobatan stroke ayahnya. (San/Red)