Baru Seumur Jagung, PJU Iconic Sudah Rusak

Cibinong, (BS) – Baru seumur jagung, proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) Iconic yang menelan anggaran APBD Pemerintah Kabupaten Bogor mencapai Rp.7 Miliar lebih dengan penyedia jasa PT.Purna Karya Energi terlihat sudah rusak dimana-dimana.

Berdasarkan pengamatan media ini di lapangan, hampir di semua tiang PJU yang sudah terpasang itu, tampak cat nya yang sudah pada mengelupas, dan besi yang sudah berkarat. Bahkan parahnya lagi, ada salah satu tiang yang kondisinya sudah penyok.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ade Habib, Kepala Seksie, Bidang Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada proyek tersebut mengatakan, belum bisa menjawab secara pasti karena datanya ada dikantor.

” Mhn maap datanya ada di kntr senin sy jwb. Untuk tiang yg penyok dan cacat ini msh tanggung jwb pelaksana sdh sy inpokan ke pelaksana,” tulis Ade Habis melalui pesan singkat Whatsappnya, Jum’at (25/02).

” Kebetulan saya diluar, data di kantor,” tambahnya.

Ketika ditanya terkait spesifikasi pada tiang PJU Iconic itu, Ade habib lagi-lagi menjawab jika datanya ada di kantor.

” Ntr ya di kntr datanya,” singkat Ade.

Sementara itu Hedi Kepala Bidang Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saat dikonfirmasi mengatakan jika akan segera menyampaikan hal tersebut ke pihak pelaksana.

” Nanti saya akan cek dulu ke lokasi. Soal kerusakan, Itu kan masih dalam masa perawatan, akan kita sampaikan secepatnya ke pihak PT. Purna Karya Energi selaku pelaksana pada proyek tersebut,” jelas Hedi melalui sambungan telepon selulernya.

Diduga kerusakan yang terjadi pada tiang PJU Iconic tersebut akibat dari kualitas lempengan besi yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi.

Untuk diketahui PJU Iconic tersebut digadang-gadang bakal jadi suatu kebanggaan dan ciri khas Pemkab Bogor yang terpasang mulai dari pintu keluar Tol Sentul ke arah GOR Pakansari hingga jalan Tegar Beriman itu, pengerjaannya baru saja selesai pada bulan Desember tahun 2021 lalu. Berarti umurnya baru sekitar dua bulan saja. (San/Baiz)