Milyaran Rupiah Dana BPNT Yang Disalurkan di Caringin Minim Pengamanan Aparat

BOGOR, (BS) – Ribuan KPM di wilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, secara serentak menerima Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT yang disalurkan PT. Pos Indonesia, Senin (18/04/2022). Jumlah bantuan yang diterima masing-masing KPM sebesar 500 ribu rupiah.

Jumlah KPM terbanyak terdapat di Desa Lemah Duhur yang mencapai 1901 KPM. Sehingga pemerintah desa setempat.melakukan penyaluran selama dua hari untuk menghindari kerumunan massa.

“Untuk mengindari hal yang tidak diinginkan, pembagian kami laksanakan selama dua hari. Alhamdulillah pelaksanaan penyaluran dapat berjalan Lancar”, papar Kades Lemah Duhur Iyang, disela kegiatan.

Kerumunan Massa saat Penyaluran BPNT oleh PT Pos di Kecamatan Caringin yang diduga disebabkan Kurangnya Koordinasi, Senin 18/04 (photo/rdn)

Dalam kesempatan itu juga Iyang mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan uang bantuan yang diterimanya sesuai kebutuhan dan arahan pemerintah. Dalam satunya untuk membeli sembako dan minyak goreng.

Sementara itu penyaluran bantuan yang terjadi di Desa Caringin kepada 723 Kpm diduga kurang koordinasi, sehingga proses penyaluran bantuan cenderung kisruh dan nyaris keos. Kerumunan massa Kpm tak terhindarkan. Bahkan tidak sedikit anak-anak yang dibawa orang tuanya banyak yang terjepit ditengah antrian. Sangat disayangkan, tidak ada perwakilan pemerintah desa yang berkompeten yang dapat dimintai keterangan terkait hal itu.

Mirisnya, penyaluran bantuan yang nilainya mencapai milyaran rupiah itu minim pengamanan dari aparat penegak hukum. Di lokasi hanya disiagakan satu personel Bhabinkamtibmas dan satu personel Babinsa. Hal itu tidak sebanding dengan kemungkinan terburuk yang.mungkin terjadi.

Tambahan informasi, jumlah Kpm di Desa Muara Jaya sebanyak 305 Kpm dan penyaluran bantuan dilaksanakan di GOR Caringin. Desa Cimande Jaya sebanyak 626 Kpm dan Desa Cimande Jaya sebanyak 544 Kpm. (RDN)