Desa Tajur Halang Didaulat Jadi Desa Tangguh Bencana

BOGOR, (BS) – Dengan dibentuknya Tim Tangguh Bencana diharapkan dapat berkolaborasi dengan masyarakat, terutama ketika bencana alam terjadi.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Apud Ardiansah, Rabu (27/07/2022).

“Alhamdulillah, Dengan dibentuknya Tim Tanggap Bencana ini kami akan bisa melakukan antisipasi maupun penanganan saat terjadinya bencana. ya mudah – mudahan tidak terjadi”, ujar Kades yang akrab disapa Isni itu.

Apud Ardiansah, Kepala Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. (Photo/Raden)

Dia menyebutkan, jumlah anggota tanggap bencana di desa nya berjumlah 20 personel, yang terdiri dari berbagai unsur, diantaranya LPM, RT, RW, Karang Taruna, Kader PKK serta masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi atas antusias masyarakat yang siap menjadi personel tim tanggap bencana”, ucapnya.

Kades juga mengungkapkan terimakasihnya kepada pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, yang telah menetapkan desanya sebagai desa tangguh bencana. Mengingat secara geografis wilayah Tajur Halang berada di wilayah pegunungan yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

Peresmian Desa Tajur Halang sebagai Desa Tangguh Bencana itu dilaksanakan di Villa Tajur Halang, dihadiri oleh Kapolsek Cijeruk Kompol Sumijo, Dan Ramil Mayor Ahasan Bisri, Camat Cijeruk Bangun Septa Siswa, serta para undangan.