Daerah  

Sinergi Dengan IPB, Pemkab Bogor Buka Sekolah Pemerintah Desa

DRAMAGA, (TB) – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Sekolah Pemerintah Desa sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kepala desa dalam memimpin lembaganya, organisasi serta masyarakatnya.

Hal itu disampaikan Iwan saat melakukan Opening Ceremony Sekolah  Pemerintah Desa Tingkat Kabupaten Bogor Angkatan 2022, yang berlangsung di Auditorium Andi Nasoetion Gedung Rektorat IPB University Dramaga, Kamis (20/10/22).

Iwan berharap kedepan mungkin tidak hanya sekolah bagi kepala desa, tapi camat juga bisa sekolah pemerintahan, agar pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Bogor, baik infrastruktur, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, sosial dan ekonomi bisa tepat sasaran dan optimal.

“Manfaatkan forum ini dengan baik sebagai momentum untuk memperkaya ilmu, sehingga kita senantiasa memberikan manfaat dan kemajuan kepada masyarakat yang anda pimpin di masing-masing desa,” ujar Plt. Bupati Bogor.

Kemudian, Plt. Rektor IPB University, Agus Purwito mengatakan, belajar, menggali dan menuntut ilmu tidak ada batasan usia, dan harus terus dilakukan, guna mengupgrade diri untuk menciptakan masyarakat yang maju. Terlebih di era perkembangan teknologi informatika seperti saat ini, informasi sangat mudah didapat dengan cepat tak mengenal ruang dan waktu.

“Oleh karena itu kita harus mengembangkan kualitas diri, bergerak maju supaya kita bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menuturkan, penyelenggaraan sekolah pemerintahan desa merupakan salah satu program Pancakarsa, yaitu Karsa Bogor Maju, dilaksanakan untuk membenahi data desa dengan implementasi data desa presisi untuk mewujudkan pemerintahan desa yang presisi pula.

“Ini merupakan salah satu penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap desa-desa yang berhasil mendapat juara lomba desa, karena hanya desa berprestasi yang dapat mengikuti Sekolah Pemerintahan Desa yang dilaksanakan oleh IPB University ini. Kedua adalah bagi Kades yang telah mengikuti seleksi dilakukan melalui penelusuran minat dan bakat yang dilaksanakan oleh tim IPB University dan Pemerintah Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Untuk diketahui bahwa, Sekolah Pemerintah Desa tahun 2022 merupakan sekolah Pemerintah Desa angkatan dua, yang sebelumnya angkatan satu telah dilaksanakan pada 2021 lalu. Tahun 2021 sebanyak 120 peserta yang telah diwisuda terdiri dari 40 Kades, 40 operator spasial, dan 40 operator sosial.

Sedangkan untuk tahun 2022, ada 165 peserta yang terdiri dari 55 Kades dari 38 kecamatan, dan masing-masing didampingi 1 operator sosial dan 1 operator spasial.