Realisasikan Samisade 2022, Desa Cibedug Bangun Akses Jalan Wisata dan Pertanian

CIAWI, (BS) – Sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi wisata di daerahnya serta memberikan fasilitasi kepada warga petani , pemerintah Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, mulai membangun sarana infrastruktur jalan akses menuju sejumlah obyek wisata dan jalur pertanian.

Pembangunan jalan tersebut didanai oleh program lanjutan stimulus rancangan Bupati Non Aktif Ade Yasin, yakni program Satu milyar satu desa (Samisade) tahun 2022.

Menurut Kepala Desa (Kades) Cibedug, Deni Setiawan , berkat program Bupati Bogor Ade Yasin yang memberikan bantuan keuangan melalui program Samisade, kendala yang selama ini dihadapi pemerintahanya untuk membuka akses ke kawasan wisata akhirnya dapat terselesaikan.

Disebutkan Deni, kawasan wisata yang akan digarap Pemdes Cibedug, berada di kawasan pengunungan, yang terkendala oleh akses jalan yang buruk. Selain tanah juga bebatuan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program Samisade, akhirnya kami dapat membangun jalan menuju kawasan wisata yang nantinya akan menjadi aset desa yang dapat menambah penghasilan asli daerah,” ungkap Kades Cibedug kepada wartawan.

Deni mengatakan, bantuan keuangan melalui program Samisade yang diterima Desa Cibedug, sebesar Rp.958 juta lebih. Untuk pembangunan jalan menuju dua wilayah rukun warga (RW) di Kampung Cibedug dengan tehnik betonisasi.

“Betonisasi jalan di Kampung Cibedug dari RT 04 RW 04 sampai ke RT 04 RW 06, menjadi skala prioritas kami. Panjang jalan 150 meter dengan lebar 3 meter dan ketinggian betonisasi 0,15 meter, TPT anggaran 531jt Di lokasi RT 01 RW 03 yang merupakan daerah padat penduduk, serta akses jalan lingkungan”, paparnya.

Dalam setiap pelaksanaan pembangunan lanjut dia, pihaknya melibatkan unsur masyarakat. Dan sebelumnya telah membentuk tim pelaksana kegiatan (TPK).

“Kami perkirakan progres pekerjaan pembangunan saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen lebih. Kami berharap proses pekerjaan tidak terkendala oleh faktor cuaca yang akhir – akhir ini cenderung hujan,” paparnya.

Deni mengaku, akses jalan yang dibangun saat ini, merupakan akhir dari Jalan Cibedug-Ciaul dengan nomor ruas 22.01.139. Jalan ini berstatus milik Kabupaten Bogor.

Deni berharap, betonisasi jalan yang dilaksanakan, nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Cibedug, terlebih jalan yang dibangun ini sebagai akses utama warga menuju lahan pertanian mereka.

“Manfaat jalan itu sangat besar, terutama membantu mobilisasi ekonomi warga saat membawa hasil pertaniannya .Saya yakin, setelah akses jalan bagus biaya ongkos kendaraan pun menjadi berkurang dan lebih murah,” jelasnya.

Ujang, warga Kampung Cibedug RW 06 mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah daerah kabupaten Bogor melalui kepala desa Cibedug yang telah membangun jalan di wilayahnya, yang selama ini memang kondisinya sangat mengkhawatirkan.

“Kami sangat berterimakasih khususnya kepada pak lurah yang telah membangun infrastruktur jalan di wilayah kami. Selama ini kami dan warga disini bersusah payah melewati jalan ini, terutama saat hujan. Tapi nanti ketika jalan sudah selesai maka kendala itu tidak akan kami alami lagi. sekali lagi terimakasih kami kepada Pak Lurah Deni”, ucapnya.

Launching Samisade tahun 2022 di Desa Cibedug, dihadiri langsung oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Tripika Kecamatan Ciawi, Para Tokoh serta masyarakat.