Breaking News

Dinsos Kabupaten Bogor Bantu Warga Jasinga Dapatkan Kursi Roda

JASINGA, (BS) – Gerak  cepat (Gercep) Dinas Sosial Kabupaten Bogor yang turun langsung membantu warga Kampung Cigelung, Kecamatan Jasinga yang membutuhkan kursi roda, mendapat apresiasi dari Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB).

Dery selaku Koordinator Bidang Sosial, Kemanusiaan dan Analisis, FWBB, mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan Dinas Sosial melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Fitriani menurutnya layak untuk diapresiasi.

beliau tanggap menerima informasi yang disampaikan FWBB.

“Beliau tanggap menerima informasi yang kita sampaikan. Hal seperti ini perlu kita dukung, karena begitu responsif ,” ucap Dery kepada wartawan, Jumat (17/5/2024).

Pria yang akrab disapa anak muda itu menerangkan bahwa pemerintah dan pers tidak bisa dipisahkan. Menurutnya, bentuk sinergitas yang bersifat simbiosis mutualisme diperlukan untuk membangun kemajuan di wilayah.

“Contoh seperti inilah yang kami harapkan, sikap responsif dari sebuah instansi pemerintah baik itu pejabatnya sendiri yang mana sigap menanggapi informasi apa aduan warga masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, kata dia, FWBB turut aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang seringkali dilakukan. Kejadian ini bukan pertama kali.

Ia menyampaikan, bahwa seseorang jurnalis pun perlu menanamkan jiwa sosial dan rasa empati pada lingkungan.

“FWBB ini selain wadah persatuan wartawan di Bogor, kita selalu eksis melakukan kegiatan sosial. Apalagi menyangkut hal-hal seperti tadi bukan pertama kali, kita juga pernah mengawal ada warga yang membutuhkan kursi roda tepatnya di Desa Parakan muncang, Kecamatan Nanggung,” jelas Dery.

Terpisah, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Fitriani mengungkapkan pemberian bantuan kursi roda ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Sosial yang senantiasa hadir dan siap memberikan bantuan kepada warga disabilitas maupun lansia yang membutuhkan.

Ia menjelaskan kegunaan kursi roda dapat membantu untuk menunjang aktivitas.

“Bantuan kursi roda ini tentu sangat bermanfaat bagi penerimanya untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari secara mandiri,” jelasnya.

Dinsos selalu berusaha memfasilitasi para penyandang disabilitas dan lansia yang kurang mampu, sambungnya.

“Harapan kami, dengan bantuan ini dapat mendukung aktivitas mereka sehingga dapat berdaya guna, terutama untuk diri sendiri dengan berkegiatan yang positif,” ucap Fitri.

Sebelumnya, salah satu lansia warga Kampung Cigelung bernama Kardi, Kecamatan Jasinga menerima bantuan satu unit kursi roda dari Dinas Sosial, Kabupaten Bogor. (Roni)