Warga Ke Kades Cigombong: Kalau Tak Sanggup Jadi Kades Mundur Saja, Jangan Bikin Susah Masyarakat!

BOGOR, (BS) – Sikap tidak profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelayan masyarakat terus ditunjukan oleh Kepala Desa (Kades) Cigombong, Heri Hendrawan. Meski kinerjanya sudah dikritisi oleh masyarakat, namun kinerjanya tidak berubah menjadi lebih baik.

“Saya sudah berulangkali datang ke desa untuk meminta tandatangan kepala desa yang tidak bisa diwakilkan. Namun sampai hari ini si kades tidak pernah masuk kantor. Staf desa yang berada di kantor malah mengarahkan untuk datang ke rumahnya, tapi ketika saya ke rumahnya, istri kades menyatakan bahwa kades sedang keluar”, beber Toto, warga Cigombong yang hendak mengurus surat keterangan waris.

“Kalau Heri sudah tidak sanggup jadi kades lebih baik mengundurkan diri saja, jangan bikin susah masyarakat!,” imbuhnya, Senin (11/09/2022).

Baca juga: Kades Cigombong Diduga Kangkangi UU KIP dan Kerap Mangkir Kerja

Warga lainya mempertanyakan kepada Sekdes Cigombong Adi, sampai sejauh mana pengelolaan BUMDES Matra Cigombong yang sudah menelan anggaran pendampingan dari dana desa yang mencapai hingga 500 Juta Rupiah. Sekdes menjawab perkembangannya belum sesuai dengan harapan

“Kalau soal BUMDES ranahnya bukan pada saya. Tapi sepanjang yang saya tau, hasilnya masih belum maksimal”, katanya.

Disinggung soal laporan penggunaan dana desa untuk penanggulangan dan pencegahan covid-19 tahun 2020 yang lnformasinya belum ditandatangani oleh pihak kecamatan karena masih bermasalah, Sekdes menjawab tidak tau menahu terkait hal itu.

Dan ketika Sekdes dipertanyakan kembali terkait dana hibah dari PT Aqua Tirta Investama sebesar 10 juta untuk pembangunan posyandu di wilayah Kampung Bata Alam yang tidak direalisasikan. Sekdes juga mengaku tidak mengetahuinya.

“kalau hal itu jujur saja saya tidak tau pak. silahkan konfirmasi langsung ke kepala desa”, tandasnya.

Sekdes juga mengatakan, bahwa dia hanya difungsikan sebagai backup pelayanan. Sementara terkait pengelolaan anggaran yang masuk ke desa sepenuhnya dan segala sesuatunya dikuasai oleh kades.

Sebelumnya, menanggapi kritikan masyarakat terkait berita kinerja kades Cigombong yang dikritisi warganya, Camat Cigombong Irwan Somantri menyatakan bahwa informasi miring tentang kades Cigombong tidak benar adanya.

“Bukanya saya ngebela ya, saya nilai kades Cigombong itu termasuk yang rajin. Kebetulan tiap saya kesana dia ada di kantor terus. serius. Siap, nuhun infonya, nanti kita konfirmasi kadesnya”, ucap Camat.