Kasus Penggunaan Besi Bekas Pada Pembangunan Jembatan Rawayan Desa Cigombong, Kok Selesai Begitu Saja?

BOGOR, (BS) – Pembangunan jembatan penghubung antara Desa Cigombong dengan Desa Ciburuy yang sumber anggarannya dari program Bupati Bogor, yakni Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2021, yang bahan material utamanya diduga menggunakan besi bekas bangunan jembatan lama, masih menyisakan pertanyaan.

Berdasarkan informasi yang didapat, pembangunan Jembatan Rawayan sepanjang kurang lebih 42 meter dengan anggaran 300 juta, saat itu tidak melibatkan warga setempat. Warga setempat hanya menjadi penonton saja.

Saat proses pembangunan berlangsung, timbul kekhawatiran dari warga sebagai calon pengguna jembatan, karena warga menyaksikan adanya penggunaan besi bekas dari bangunan jembatan lama yang sebelumnya sudah roboh.

“Tiang penyangga kiri dan kanan jembatan itu menggunakan besi lama yang sudah berkarat dan tidak layak dipasang, warga juga tidak ada yang dilibatkan ikut kerja”, ungkap Darmo warga setempat.

Warga sangat menyayangkan ulah pelaksana nakal yang mengakali bahan material itu demi keuntungan pribadinya, dengan mengorbankan keselamatan pengguna jembatan. Padahal, warga juga mengetahui bahwa anggaran untuk pembangunan jembatan ini sangat besar dan cukup untuk membeli bahan material yang baru hingga hasilnya maksimal.

“Kalau bahan material Jembatan Rawayan itu menggunakan bahan yang baru, kami yakin kualitasnya akan sangat baik dan akan bertahan lama. Kami juga sebagai pengguna tidak akan merasa khawatir saat menggunakan jembatan itu untuk melintas,” papar Toto warga lainya.

Dilansir dari pemberitaan Jurnal Inspirasi, berdasarkan hasil peninjauan tim Pemerintah Kecamatan Cigombong, yang terdiri Sekcam saat itu yang dijabat Asep Achadiat sudrajat, Kasi Ekbang, Kasi Pemerintahan, beserta staf ke lokasi, Rabu (01/05/2022), melalui Sekcam, Tim membenarkan adanya penggunaan bahan material bekas.

“Setelah saya bersama jajaran pemerintahan kecamatan, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Kasi Pemerintahan dan staf langsung turun ke lokasi, memang kami melihat adanya penggunaan bahan material lama dalam pembangunan jembatan penghubung antara Desa Cigombong dengan Desa Ciburuy tersebut. “namun masih layak pakai”, dalihnya

Menurutnya, berdasarkan informasi dari para pekerja dan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), penggunaan material lama disebabkan kegiatan jembatan tersebut merupakan rehabilitasi bukan pembangunan baru.

Asep pun menjelaskan, untuk para pekerja rehabilitasi jembatan anak Kali Cisadane itu, dikerjakan warga setempat. Artinya program padat karya tunai desa (PKTD) berjalan dan terdapat imbas peningkatan ekonomi bagi warga setempat.

Mantan Plt Camat Cigombong ini mengakui, jika dalam pelaksanaan pengerjaan rehabilitasi jembatan itu, dikerjakan oleh pekerja yang memang ahli di bidang tersebut. Sehingga, kualitas pengerjaan rehabilitasi jembatan, terbilang cukup bagus dan kokoh.

“Hanya sayangnya, pengerjaan sangat terlambat. Seharusnya tanggal 31 Desember 2021, kegiatan pengerjaan sudah selesai. Untuk masalah keterlambatan, silahkan tanyakan saja  ke TPK Desa Cigombong atau kepala desanya,” jelas Asep yang juga ikut memonitoring pertama kali kegiatan pengerjaan Jembatan Rawayan mulai dikerjakan saat itu.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Cigombong, Heri Hendrawan, lagi-lagi tidak mau dikonfirmasi terkait dugaan penggunaan bahan material bekas di kegiatan pembangunan jembatan yang menghabiskan anggaran ratusan juta berasal dari Samisade tersebut dan enggan dikonfirmasi terkait hal-hal lain di pemerintahanya, seolah alergi terhadap awak media.

Menyikapi hal tersebut, Ketua LSM Getar Pasundan Diana Papilaya mengecam keras atas lemahnya pengawasan dan tidak adanya ketegasan dari instansi terkait serta aparat hukum. Karena menurutnya tindakan pelaksana pekerjaan itu diduga kuat adanya unsur tindak pidana yang melibatkan banyak pihak.

“Sudah jelas itu sebuah pelanggaran, kenapa tidak ada tindakan tegas, ini namanya pembiaran dan akan memberikan contoh kepada pihak lain untuk melakukan tindakan yang serupa. Dan kepada aparat berwenang agar mempublikasikan kepada umum sanksi apa yang diberikan kepada TPK maupun kades atas tindakannya itu. Saran kami, pemerintah daerah harus mempertimbangkan kembali agar desa Cigombong jangan mendapat bantuan Samisade di tahun ini”, tegasnya.

Respon (219)

  1. 🌌 Wow, this blog is like a cosmic journey blasting off into the galaxy of wonder! 🌌 The mind-blowing content here is a captivating for the imagination, sparking excitement at every turn. 💫 Whether it’s technology, this blog is a treasure trove of exhilarating insights! #MindBlown 🚀 into this thrilling experience of knowledge and let your mind fly! 🚀 Don’t just read, savor the excitement! 🌈 Your mind will be grateful for this exciting journey through the realms of discovery! 🌍

  2. 🚀 Wow, this blog is like a rocket soaring into the galaxy of wonder! 💫 The captivating content here is a thrilling for the imagination, sparking curiosity at every turn. 🌟 Whether it’s inspiration, this blog is a goldmine of exciting insights! #InfinitePossibilities 🚀 into this cosmic journey of discovery and let your thoughts roam! 🚀 Don’t just explore, savor the thrill! #FuelForThought 🚀 will thank you for this thrilling joyride through the dimensions of awe! 🌍

  3. Artikel ini fantastis! Cara menerangkan hal-hal sungguh memikat dan sangat gampang untuk dipahami. Sudah nyata bahwa telah banyak usaha dan penelitian yang dilakukan, yang sungguh patut diacungi jempol. Penulis berhasil membuat topik ini tidak hanya menarik tetapi juga seru untuk dibaca. Saya dengan antusias menantikan untuk menjelajahi konten seperti ini di masa depan. Terima kasih atas berkontribusi, Anda melakukan pekerjaan yang istimewa!

  4. 🌌 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis melayang ke alam semesta dari keajaiban! 🌌 Konten yang mengagumkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu ketertarikan setiap saat. 🎢 Baik itu gayahidup, blog ini adalah sumber wawasan yang menarik! #KemungkinanTanpaBatas Berangkat ke dalam pengalaman menegangkan ini dari pengetahuan dan biarkan pemikiran Anda berkelana! 🌈 Jangan hanya membaca, alami sensasi ini! #MelampauiBiasa 🚀 akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui dimensi keajaiban yang menakjubkan! ✨

  5. Truly outstanding! This content is simply brilliant. The way it was delivered is exceptional. The dedication and expertise in this work shine through. Kudos to the author for delivering such an enriching experience. I’m eagerly looking forward to more content like this in the future. 👏👏👏

  6. Kudos on the article! 👌 The insights provided are valuable, and I think incorporating more images in your future articles could make them even more engaging. Have you considered that? 📸

  7. Thumbs up on the article! The content is well-researched, and the addition of more visuals in your upcoming articles could make them even more appealing to readers.

  8. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *