Warga Cigombong Pertanyakan Program PTSL. Kades Bungkam, Sekdes Banyak Gak Tau

CIGOMBONG, (BS) – Sekretaris Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Adi mengaku tidak mengetahui berapa jumlah kuota yang pasti Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diberikan oleh Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk Desa Cigombong.

Menurutnya yang mengetahui hal itu adalah Kepala Desa (Kades).

“Kalo ditanya berapa kuota aslinya saya gak tau, karena kades yang tau. Kalau awalnya yang saya tau kita dikasih kuota 2000 lebih. Tapi gak tau kenapa yang daftar hanya sekitar 1219 an”, kata Sekdes Cigombong saat dikonfirmasi beritasatoe.com di ruang kerjanya, Kamis (03/11/2022) lalu.

Lebih lanjut Sekdes mengatakan, menurut informasi yang didapatnya dari Kades saat ini jumlah sertipikat yang telah dicetak sebanyak 1000 buku. Namun 200 buku sertifikat tanah diantaranya dipending ke tahun depan, dengan alasan tidak diketahuinya.

Sekdes juga mengaku progres pelaksanaan sertifikasi masal melalui program PTSL belum disosialisasikan kepada masyarakat dengan alasan pihak desa belum menerima daftar nama warga yang sertifikatnya sudah dicetak, yang dipending dan yang tidak diterima BPN karena alas haknya yang tumpang tindih.

“Kami belum sosialisasikan progres program PTSL ke masyarakat”, akunya.

Ketika dipertanyakan berapa luas maksimal lahan warga yang bisa didaftar dalam program PTSL, Sekdes mengaku bahwa sepengetahuannya tidak ada batas minimal.

“Setau saya dalam PTSL tidak ada batas minimal luas tanah. Hanya jika luas lahan warga yang daftar dalam program PTSL mencapai ribuan meter akan terkena Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) yang harus dibayarkan ke Dispenda”, jelasnya.

Sementara itu, ketika dipertanyakan berapa biaya yang diminta kepada warga yang mengikuti program PTSL Sekdes meyakini masyarakat umumnya tau berapa nominal resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kalau diklik di google masyarakat pasti sudah tau, biaya resminya itu Rp. 150 ribu rupiah. Sementara di perbup, nomornya saya lupa menjelaskan bahwa nominal 150 ribu rupiah itu diantaranya untuk 3 buah patok dan dua lembar materai. Sementara untuk mengcover biaya-biaya lainya diserahkan kepada TPK. Soalnya tidak semua surat tanah warga itu sudah berbentuk AJB, tidak sedikit juga yang masih girik. kan itu butuh biaya. Jadi biaya yang kami tentukan ke warga itu diluar biaya PTSL nya”, paparnya.

Menurut Sekdes biaya admistrasi yang diminta kepada warga nilainya bervariatif, mulai di angka 300 ribu rupiah, tergantung kelengkapan surat tanah yang dimiliki warga. Sementara untuk biaya operasional kerja tim menurutnya belum ada, karena dari total jumlah warga yang mendaftar, yang menyerahkan biaya administrasinya baru 30 persen.

“Dana yang masuk dari masyarakat yang 30 persen itu kami atur-atur aja buat BOP tim kerja, seperti transport, uang makan dan lain lain”, pungkasnya.

Saat tim liputan beritasatoe.com mendatangi kantor Desa Cigombong untuk memintai keterangan kepada kepala desa Cigombong Heri Hendrawan, yang bersangkutan tidak berada ditempat. Saat dihubungi melalui pesan singkat whatsApp, diketahui bahwa nomor kontak reporter beritasatoe.com telah diblokir oleh kades Cigombong tanpa alasan yang jelas.

Respon (262)

  1. 🚀 Wow, this blog is like a rocket launching into the galaxy of endless possibilities! 💫 The captivating content here is a thrilling for the mind, sparking curiosity at every turn. 🎢 Whether it’s inspiration, this blog is a goldmine of exciting insights! #AdventureAwaits Embark into this thrilling experience of discovery and let your thoughts soar! 🌈 Don’t just read, savor the excitement! #BeyondTheOrdinary Your mind will be grateful for this thrilling joyride through the realms of endless wonder! ✨

  2. 💫 Wow, this blog is like a fantastic adventure blasting off into the universe of wonder! 💫 The captivating content here is a captivating for the mind, sparking awe at every turn. 🎢 Whether it’s inspiration, this blog is a treasure trove of exhilarating insights! #AdventureAwaits 🚀 into this cosmic journey of discovery and let your thoughts soar! 🌈 Don’t just read, experience the excitement! #FuelForThought 🚀 will thank you for this thrilling joyride through the dimensions of endless wonder! ✨

  3. This article is fantastic! The way it explains things is genuinely compelling and incredibly easy to follow. It’s clear that a lot of work and study went into this, which is truly noteworthy. The author has managed to make the subject not only interesting but also enjoyable to read. I’m enthusiastically anticipating exploring more content like this in the upcoming. Thanks for sharing, you’re doing an outstanding work!

  4. 💫 Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik meluncurkan ke alam semesta dari kegembiraan! 🌌 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 🌟 Baik itu inspirasi, blog ini adalah harta karun wawasan yang mendebarkan! 🌟 Berangkat ke dalam petualangan mendebarkan ini dari imajinasi dan biarkan imajinasi Anda terbang! ✨ Jangan hanya menikmati, alami sensasi ini! 🌈 🚀 akan berterima kasih untuk perjalanan menyenangkan ini melalui ranah keajaiban yang tak berujung! 🚀

  5. Brilliant work! 💪 The article is well-organized, and I’m wondering if you plan to include more images in your upcoming pieces. It could add a visually appealing touch. 🌠

  6. Kudos on the informative article! I’d love to see more visuals in your future content. It could add an extra layer of understanding to the topics you cover.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *