Daerah  

Mapeling Tangani Rehab Rumah Warga Cisalada

BOGOR, (BS) – Tanpa mengenal watu dan wilayah, jajaran pengurus Yayasan Masyarakat Peduli Lingkungan (Mapeling) Desa Pasir Jaya pimpinan Muhendar menangani rumah warga di wilayah Kampung RT 02 RT 02, Cijambu Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong yang nyaris roboh, Kamis 28/10/2022).

Menurut ketua Yayasan Mapeling Muhendar, apa yang dilakukanya bersama jajarannya itu dilakukan secara swadaya, dibantu juga dengan sumbangan dari Pembina Yayasan Mapeling Peny Susanty, tanpa mengesampingkan koordinasi dengan pengurus wilayah dan pemerintah Desa Setempat.

“Setelah kami mendapat informasi adanya rumah warga di Desa Cisalada yang nyari ambruk, kami bersama jajaran sigap ke lokasi untuk melakukan peninjauan. Tentunya didampingi juga oleh pengurus RT, RW serta pemerintah setempat. Biaya yang kami keluarkan berasal dari uang kas Mapeling dibantu oleh sumbangan yang tidak mengikat. Intinya, tujuan kegiatan kami ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat serta membantu program pemerintah”, Papar Muhendar yang akrab disapa Mapeng.

Sebelumnya, Yayasan Mapeling juga bahu membahu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Desa Wates Jaya. Dan longsor di sejumlah titik di Desa Pasir Jaya.

“Semua anggota Mapeling kami libatkan dalam kegiatan sosial ini karena menurut kami hal itu sangat bernilai sosial tinggi. Kalau bukan kita yang berbuat ya siapa lagi”, imbuhnya.

Kedepan lanjut Muhendar, Mapeling akan mengajak semua element masyarakat dalam melaksanakan kegiatan penanaman sejuta pohon di wilayah Gunung Salak, sebagai salah satu upaya untuk pelestarian alam. terlebih, gunung salah sekarang telah berdiri bangunan – bangunan permanen yang mengalihfusikan hutan lindung menjadi tanaman beton.

Terpisah, Pembina Yayasan Mapeling Peny Susanty berkomitmen untuk mendukung penuh setiap program kemanusiaan yang dilakukan oleh anggota serta pengurus Mapeling.

“Selama kegiatan itu positif dan bermanfaat bagi masyarakat, saya selaku pembina Yayasan Mapeling akan mendukung penuh terhadap kegiatan tersebut. Jika saya mampu membantu secara pribadi maka akan saya lakukan se kemampuan saya, jika tidak tercover pribadi, maka saya akan mengajak seluruh relasi saya”, tekadnya.