BPN Tak Kunjung Proses Permohonan Perpanjangan HGB Milik Mantan Ketua Ombudsman RI, Ada Apa?

Gunung Putri, (BERITASATOE.COM) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, diduga tidak menerapkan aturan yang jelas dalam proses administrasi kepengurusan surat tanah atau sertifikat, sehingga membuat sejumlah warga kebingungan. Seperti yang dialami Mantan Ketua Ombudsman RI, Danang Girindrawardana saat mengurus ke 13 permohonan perpanjangan Hak Guna Bangunan (HGB) di BPN Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

Menurut Danang sapaan akrabnya itu, saat mengurus perpanjangan HGB yang terletak di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor di BPN, dari 13 berkas yang diajukan hanya 3 yang sudah selesai. Sedangkan, berkas yang masih tersisa belum di proses samai saat ini karena di klaim oleh PT Ferry Sonneville (FS).

“Berkas permohonan perpanjangan HGB di BPN Kabupaten Bogor, untuk yang 3 berkas sudah selesai, sedangkan untuk yang 10 berkas sisanya yang terletak di Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri masih terhambat lantaran adanya klaim yang dilayangkan oleh PT FS,” Kata Mantan Ketua Ombudsman RI tersebut kepada wartawan, Kamis (26/8/21).

Dia menyayangkan, terhambatnya 10 berkas tersebut atas dasar klaim PT FS dengan hanya menggunakan bukti kepemilikan tanah berupa PPJB. “Pihak PT Ferry Sonneville mengklaim lahan saya dengan hanya menggunakan bukti PPJB saja. Atas dasar itu, pihak BPN sampai saat ini tidak memproses 10 berkas perpanjangan HGB milik saya,” Jelasnya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu merasa heran dengan aturan yang berlaku di BPN Kabupaten Bogor. Dengan hanya bermodalkan PPJB, pihak yang mengklaim kepemilikan tanah bisa diterima dan menghambat proses kepengurusan dengan surat yang sudah jelas dasar hukumnya.

“Kalau PPJB bisa dipakai bukti kepemilikan tanah untuk mengajukan sertifikat atau site plan, maka kedepannya akan banyak perusahaan yang menggunakan bukti tersebut. Hal itu akan berdampak kepada pemilik lahan yang sah dengan memiliki bukti kepemilikan seperti Girik, Leter C Desa serta Sertifikat HGB yang akan mengajukan permohonan sertifikat ke BPN,” pungkasnya. (San)

Respon (219)

  1. 🚀 Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik meluncurkan ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 💫 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 💫 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang inspiratif! #PetualanganMenanti Berangkat ke dalam petualangan mendebarkan ini dari pengetahuan dan biarkan pemikiran Anda melayang! 🚀 Jangan hanya membaca, alami kegembiraan ini! #MelampauiBiasa 🚀 akan berterima kasih untuk perjalanan mendebarkan ini melalui dimensi keajaiban yang penuh penemuan! 🚀

  2. This article is amazing! The way it clarifies things is genuinely captivating and incredibly easy to follow. It’s obvious that a lot of effort and investigation went into this, which is really impressive. The author has managed to make the subject not only fascinating but also pleasurable to read. I’m wholeheartedly looking forward to exploring more material like this in the forthcoming. Thanks for sharing, you’re doing an remarkable job!

  3. Bravo on the article! 👍 The insights are well-expressed, and I believe incorporating more images in your next articles could be beneficial. Have you thought about that? 🎨

  4. Thoroughly enjoyed your article! The insights are valuable, and I’m curious if you plan to add more images in your upcoming pieces. It could make the content even more captivating for readers.

  5. The article was quite comprehensive. To further improve it, more visuals could be added, and my website can provide some examples.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *