Realisasikan Samidase, Pemdes Hambalang Betonisasi Jalan Desa Sepanjang 1 Km Lebih

CITEUREUP, (BS) – Pemerintahan Desa Hambalang Kecamatan Citeureup mulai merealisasikan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemkab Bogor yakni dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang baru digulirkan menjelang akhir tahun 2022 ini.

” Untuk tahap 1 sebesar 60 persen dari total pengajuan 1 Miliar atau senilai Rp 600 juta, kami realisasikan untuk pembangunan infrastruktur atau betonisasi jalan desa di wilayah Dusun II yang mencakup wilayah RW 06, 07, 08 sepanjang 1.480m x 3m x 0,15m,” Kata H.Wawang Sudarman saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu 02 November 2022.

“Untuk pelaksana di lapangan, semua diserahkan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau LPM,” kata Awang

Desa kami, Desa Hambalang lanjut Awang, memang masih sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur yang layak. Mengingat di wilayah kami untuk jalan desa dan jalan lingkungan, banyak yang masih belum tersentuh pembangunan.

Untuk itu lanjutnya, selain berharap dari dana bantuan pemerintah, kami juga sangat berharap peran swasta dalam agar bisa mengalokasikan dana bantuan CSR nya guna memenuhi kebutuhan akses jalan yang layak di wilayah desa kami.

Selain kebutuhan infrastruktur yang memadai, warga desa kami sebut Awang, juga sangat membutuhkan sarana prasarana air bersih.

” Di desa Hambalang ini, hampir dipastikan tidak ada sumur. Sementara untuk kebutuhan air bersih, warga masih bergantung pada air gunung yang ditampung atau dialirkan ke rumah-rumah,” ungkap Awang.

Kebutuhan akan air bersih di desa kami ini untuk aktivitas sehari-hari warga sangat diperlukan. Untuk itu kami berharap pemerintah bisa melalui dinas terkait bisa membantu kami mengatasi kesulitan ini, ujarnya.

” Alhamdulillah tahun ini melalui dinas PUPR Kabupaten Bogor, telah dibangun satu unit Sistem SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Desa kami. Tapi kami masih membutuhkan lebih banyak lagi. Minimal harapan kami bisa terbangun lagi SPAM air itu dua titik lagi,” tandasnya.