Berkat Samisade Pemdes Leuwinutug Bangun Jalan Desa Sepanjang 1 Km Lebih

CITEUREUP, (BS) – Pemerintahan Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup mulai merealisasikan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemkab Bogor yakni dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang baru digulirkan menjelang akhir tahun 2022 ini.

“Untuk tahap 1 sebesar 60 persen dari total pengajuan 1 Miliar atau senilai Rp 600 juta, Desa Leuwinutug melaksanakan pembangunan infrastruktur berupa betonisasi jalan desa di wilayah RT 01,02 RW 07 dengan Volume sepanjang 1.053m x 2,5m x 0,15m,” terang Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Nuryaman saat dikonfirmasi di kantor desa, Selasa 08 November 2022.

Untuk tahap II nantinya, sambung Nuryaman, kita masih akan melakukan betonisasi jalan di RW 04 sepanjang lebih kurang 750 meter, imbuhnya.

Ditempat yang sama, Faisal Abu bakar Shiddiq selalu Sekretaris Desa Leuwinutug mewakili Kepala Desa yang kebetulan sedang cuti umroh kepada media ini menyampaikan bahwa untuk kegiatan realisasi Samisade tersebut pengerjaannya sepenuhnya dikelola oleh TPK.

“Untuk pelaksana di lapangan, semua diserahkan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bersama Aparatur Lembaga Desa dan warga Masyarakat,” ucapnya.

“Di desa kami memang masih sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur yang layak. Mengingat di wilayah kami untuk jalan desa dan jalan lingkungan, banyak yang masih belum tersentuh pembangunan,” tuturnya.

Selain kebutuhan infrastruktur yang memadai, warga desa kami juga sangat membutuhkan sarana prasarana air bersih.

” Di desa Leuwinutug ini, dibeberapa titik adalah wilayah rawan banjir sehingga pada saat banjir datang, kebutuhan warga akan air bersih itu sangat-sangat dibutuhkan,” Ungkapnya.

Kebutuhan akan air bersih di desa kami ini untuk aktivitas sehari-hari warga sangat diperlukan. Untuk itu kami berharap pemerintah bisa melalui dinas terkait bisa membantu kami mengatasi kesulitan ini, ujarnya.

Harapan kami selaku Pemerintah Desa semoga program Samisade ini bisa berkelanjutan. Sehingga kedepannya dari dana bantuan keuangan yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten Bogor itu bisa direalisasikan bukan hanya untuk infrastruktur tapi juga untuk kebutuhan masyarakat lainnya seperti Sarana Air bersih, tandasnya.